Ibu Muda,Lelahmu akan Terobati..Bersabarlah Sedikit Lagi

Jika ditanya enak nggak sih jadi ibu? Ehmm..Beberapa org yg sering bercerita bilang ‘enak’,’enak nggak enak’,’mantap/maknyus'(niruin gaya pak BondanšŸ™‚ ). Berbagai anggapan orang tua saat memiliki anak. Ada yang menganggap anak adalah amanah sehingga berusaha sebaik-baiknya menjaga dan mendidik anaknya, ada juga yang menganggap anak sebagai sesuatu yang kebetulan (tak terencana), bahkan keberadaan anak dianggap tidak ada. Astaghfirullah.

Menjadi orang tua itu tidak mudah dan membutuhkan ilmu, apalagi seorang ibu yang hampir seluruh wktunya untuk si anak. Madrasah pendidikan pertama adalah ibu. Jika diawal kehidupan si anak kehadirannya tidak diterima dan terus berlangsung hingga berbulan-bulan lamanya oleh si ibu, maka akan berdampak pada bulan-bulan selanjutnya. Ingatlah, sejak dari dalam kandungan si anak sudah bisa mendengar dan merasakan psikologis ibu. Ibu yang suka menyesali kondisi yang terjadi pada dirinya dari hamil sampai melahirkan akan berdampak pada anak. NamunĀ  tidak serta merta ibu yang dipersalahkan jika anaknya bertingkah kurang baik, kadang orang di sekitar yang turut andil dalam menciptakan tingkah laku yang buruk pada anak.

Di awal kehidupannya di dunia, seorang ibu akan langsung diberi ujian kelelahan dalam ‘melayani’ si kecil, mulai dari seringnya mengganti popok karena pipis dan pup,pola tidur-bangun yang belum teratur, menyusui sampai harus bergadang di malam hari. Ilmu yang diberikan secara cuma-cuma dari orang di sekitar akan sangat berarti bagi si ibu.

Pada saat itu dukungan tenaga sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan tubuh si ibu. Ibu yang kurang bisa mengatur/menyiapkan tenaga dan tidak didukung oleh keluarga untuk merawat baik bisa ambruk, jatuh sakit. Ayahlah orang yang paling dekatlah yang mampu menjadi pelipur lara, yang bisa dibagikan kesedihan si ibu dan membantu di kala malam. Ayah bisa bergantian menjaga siĀ  kecil di malam hari. Ayah bisa menggantikan popok danĀ  memberi asi perah sehingga ibu bisa istirahat dalam beberapa jam.

Pola tidur si kecil yang belum teratur membuat si ibu juga harus pandai-pandai menenangkannya dan sesering mungkin memberi asi pada si kecil. Asi yang merupakan sumber makanan satu-satunya pada bayi yang baru lahir membuat si ibu harus berusaha mencukupi kebutuhan asi pada anaknya. Kebutuhan asi akan bertambah seiring pertumbuhan tubuh si anak. Ibu yang kurang pandai mengatur menu dan tidak mau repot dengan pemberian asi kadang mengalihkan ke susu formula. Ketercukupnya gizi ada asi membuat bayi akan kuat dalam menghadapi virus yang setiap hari mulai dikenalnya. Kepandaian ibu dalam memilih sayuran yang mampu meningkatkan produksi asi (katuk, kacang-kacangan, sayur kacang, daun ketela, serta sayuran-sayuran hijau dan buah-buahan) ditambah asupan kalsium (susu, madu) akan membuat asi lancar dan bayi pun senang.

Beberapa hal yang biasa dikeluhkan ibu-ibu yang baru menjadi ibu berkenaan dengan asi.

  1. Puting lecet dan payudara bengkak. Hal ini bisa diatasi dengan mengoleskan krem pelunak puting (mommylen) pada puting dan membersihkannya dengan air ketika mau menyusui akan sangat membantu si ibu. Kedua kondisi itu sering kali membuat si ibu enggan menyusui. Kalau memang kondisinya sudah sangat parah, ibu bisa mengompres dengan air hangat pada payudara yang bengkak lalu dipompa. Hal itu terjadi karena bayi baru belajar menghisap, hisapannya masih kasar dan produksi asi begitu banyak. Jika sudah tidak begitu bengkak dan sakit, pompalah asi lalu simpan asi sebagai cadangan nanti.
  2. Asi tidak pernah kering. Ada-ada saja orang yang berkata asi kering, asi diciptakan Allah tidak kering sampai waktu 2 tahun (disapih). Yang membuat asinya hilang adalah karena si ibu enggan menyusui karena beberapa hal.
  3. Si dedek tidak mau menyusui di sebelah kanan. Sebenarnya ini soal posisi menyusui saja, kalau soal rasa kedua payudara menghasilkan asi yang sama. Ada baiknya si ibu segera mengetahui posisi yang membuat si bayi nyaman pada saat menyusui.
  4. Asi basi. Huuuuekkks. Dalam selembar slogan sebuah klinik ‘Asi tak pernah basi’.Kalau diteliti, benar kalau asi tidak pernah basi, tapi asi bisa berubah rasa dan aromanya. Kata beberapa artikel kesehatan, perubahan rasa asi menjadi tengik merupakan ulah enzim laktase yang berfungsi memecahkan lemak pada asi bekerja begitu cepat. Kalau pun memberikan kepada si bayi sebenarnya tidak adaĀ  masalah, yang membuat masalah adalah si bayi tidak akan mau memasukan asi ke dalam mulutnya.
  5. Berikan asi jika bayi mau. Berikan sesering mungkin, biasanya 2-3 jam dari pemberian asi terakhir

Tenanglah para ibu…

Saat melewati 40 hari, bayi sudah mulai menyesuaikan diri dengan dunia barunya. Tidurnya sudah bisa diprediksi dan kita bisa membuat jadwal untuknya, namun seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya jadwal itu bisa berubah karena kebutuhan tidur akan berkurang dan asi akan bertambah.

Sabarlah,Bu…

Dalam kelelahan yang dirasakan

Dalam remuk tubuh yang tak terperi

serta dalam kantuk yang selalu menggelayuti, bersabarlah.

Ada pahala yang telah disiapkan

Akan ada senyum yang sebentar lagi tersungging di bibirmu

Sabarlah…

Karena belum genap 4o hari dia akan memberikan senyuman manisnya padamu

Dengan tatap mata jernihnya, dia akan berbicara dari hati

Sabarlah,Bu…

Besok dia akan mulai mengoceh dan berteriak dengan lantang jika ibu mengajaknya bicara

Dia juga akan mulai meraih tanganmu untuk diusapkan ke pipinya atau memasukkan jemarimu ke mulut mungilnya

Dia akan terkurap lalu menonggakkan wajahnya kepadamu sambil tersenyum seolah berkata,”Ibu aku sudah mulai belajar berjalan dengan menguatkan otot-otot kakiku. Ibu harus bangga kepadaku.”

Bersabarlah, jika dia sudah disapih….Kau akan sangat merindukan suasana seperti dulu.

Kehangatan pelukan yang kau berikan padanya dan dibalas dengan pelukan juga pasti akan sangat kau rindukan.

Jadi, bersabarlah meski sekarang kau tidak bisa keluar rumah dalam jarak yang jauh dan lama. Bersabarlah jika semua itu kau lakukan dengan ikhlas, surga sudah disiapkan untukmušŸ™‚

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi, Isi Hatiku dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Ibu Muda,Lelahmu akan Terobati..Bersabarlah Sedikit Lagi

  1. nice post …. ^_^… visit back yah

    Suka

  2. Foster Morton berkata:

    Dalam masa nifas ibu membutuhkan gizi yang cukup. Gizi pada ibu menyusui sangat erat kaitannya dengan produksi air susu, yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Kualitas dan jumlah makanan yang dikonsumsi ibu sangat berpengaruh pada jumlah ASI yang dihasilkan, ibu menyusui disarankan memperoleh tambahan zat makanan 800 Kkal yang digunakan untuk memproduksi ASI dan untuk aktifitas ibu itu sendiri Sebuah teori, maternal depletion syndrome menyatakan bahwa status gizi ibu setelah peristiwa kehamilan dan persalinan, kemudian diikuti masa laktasi, tidak segera pulih dan ditambah lagi pemenuhan gizi yang kurang, jumlah paritas yang banyak dengan jarak kehamilan yang pendek, akan menyebabkan ibu mengalami drainage gizi. Akibatnya ibu akan berada dalam status gizi yang kurang dengan akibat lebih lanjut pada ibu dan anaknya. Oleh karena itu, ibu yang menyusui anaknya harus diberikan pengetahuan tentang gizi.

    Suka

  3. live score berkata:

    karena itu derajatnya tiga tingkat dibanding ayah

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s