Sarapan Sehat, Tubuh Sehat

Biasanya saat kita bangun pagi, perut kita terasa lapar karena pada malam hari ketika kita tidur, ternyata tubuh kita masih melakukan aktivitasnya. Usus masih mencerna makanan yang disalurkan ke lambung, bernapas, berkeringat, dan lain sebagainya. Kondisi tubuh yang seperti ini memberikan sinyal kepada kita untuk mencari sesuatu yang sehat dan bisa membuat tubuh kita mampu melakukan aktivitas di pagi sampai malam hari. Sarapan. Sarapan berguna untuk menegakkan tulang belakang hingga kita bisa beraktivitas dengan baik. Sarapan yang baik tidak membuat kita kekenyangan sehingga malas beraktivitas, tidak juga menjadikan tubuh sakit karena memakannya.

Kesalahan dalam memilih sarapan di pagi hari akan berdampak pada tubuh. Misalnya, empek-empek di Palembang sudah menjadi menu sarapan pagi sekaligus cuko yang menjadi cocolannya.

Rasa asam, pedas, dan manis yang banyak diminati warga Palembang membuat empek-empek menjadi menu sarapan di pagi hari. Apakah pempek dengan cuko itu pantas dijadika sarapan? Setelah diteliti, tenyata banyak warga Palembang yang sarapan empek-empek yang dicocol dengan cuko ini ketika sampai di tempat kerja perut mules dan diare datang.

Ada juga yang menganggap minum susu itu sarapan. Pernah suatu ketika siswaku mengeluh sakit perut, ketika kutanya,”Tadi sarapan apa?” Dengan menahan sakit dia menjawab,”Susu.” Jadi, apa itu sarapan? Wikipedia sudah memberikan definisi sarapan atau makan pagi dengan jelas dan ternyata susu memang bukan sarapan.

Seseorang bercerita kepadaku tentang pentingnya sarapan. Ketika dia masih gadis, dia jarang sekali sarapan dan kalau pun sarapan paling dicomotnya satu bakwan jagung dan minum teh sambil jalan. Sampai makan siang, dia tidak lagi makan sesuatu. Suatu hari dia mengeluh perutnya sakit, ternyata dia terserang maag. Perubahan terjadi padanya. Ketika dia menikah, dia harus menyiapkan sarapan nasi beserta lauknya untuk suami yang terbiasa dengan makan nasi dengan segelas air madu. Akhirnya dia pun ikut makan nasi sebagai sarapannya setiap hari. Maag yang biasanya membuat perutnya sakit tak tertahan hampir jarang dirasakannya.

Menu apa yang biasanya dijadikan sarapan? Yang pastinya, menu itu harus mengandung karbohidrat yang membantu tubuh kita bisa berenergi dalam melakukan kerja, sedikit lemak, dan protein. Apa saja menunya? Boleh saja roti yang ditambah sedikit daging dan segelas susu. Kalau menu sarapan yang biasa kupakai sehari-hari adalah seperti menu untuk makan siang, namun porsinya dikurangi sehingga rasa lapar akan datang tepat menjelang makan siang. Kadang aku membuat bubur jagung, roti goreng kacang ijo/fla duren, bubur kacang ijo, nasi goreng sendiri yang ditambah irisan sayur dan orak-arik telur. Minuman yang hampir selalu kuminum di pagi hari adalah segelas air madu yang lebih sehat dibandingkan dengan segelas teh hangat.

Apa sih manfaat dari sarapan pagi?

Bagiku sarapan itu penting karena aku sudah merasakan, sakit maagku hilang/jarang muncul dan tubuhku tidak lemas dalam melakukan aktivitas. Ada perbedaan antara anak yang diberikan sarapan dengan yang tidak pada pagi hari. Yang sarapan pagi akan lincah bermain dan belajar sampai makan siang tiba, belajarnya pun lebih semangat. Anak yang tidak sarapan cenderung lemas dan mengantuk.

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Sarapan Sehat, Tubuh Sehat

  1. Rae Q. Guy berkata:

    Upayakan juga untuk menghindari makanan yang kurang sehat atau yang berminyak di menu sarapan yang dibeli. Misalnya Anda dapat menghindari mengkonsumsi jeroan saat bersantap bubur. Hindari santan saat menikmati bubur kacang hijau, hindari kerupuk saat bersantap nasi atau saat makan ketoprak. Tetapi, jangan lupa untuk tidak membiasakan diri dengan bersantap gorengan sebagai menu sarapan pagi karena kalori yang tinggi dan penggunaan minyak goreng yang kurang baik.

    Suka

  2. Eka berkata:

    Kesimpulannya, sarapan pagi itu penting banget,,thanks artikelnya.

    Suka

  3. tewees berkata:

    sarapan itu memang penting ya….

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s