Anak Zaman Sekarang

Sungguh mengejutkan dengan satu perkataan anak, yang tidak kusangka keluar dari bibir mungil mereka. Dengan polosnya seorang anak bertanya, “Bunda, mani itu apa?” Ketika mendengar pertanyaan itu, aku terkejut dan bingung menjawabnya. Ah, kuputar otakku untuk memberikan penjelasan kepadanya. Ku panggillah anak itu untuk duduk di dekat mejaku agar anak yang lain tidak tahu. Anak laki- laki itu mengikuti apa yang aku pinta. Dia duduk di dekatku dengan wajah bingung, sebingung hatiku saat itu.

“Tadi nanya mani ya?” Tanyaku. Dia mengangguk membenarkan perkataanku.

“Emang tahu dari mana kata- kata seperti itu?” Tanyaku kembali.

“Pernah dengar,Bunda.”

“Darimana?” Tanyaku lagi.

“Dari teman, tapi lupa siapa,” katanya.

“Tahu nggak mani itu apa?” Aku bertanya dengan wajah yang mencoba melihat kejujuran di matanya.

“Mani itu untuk buat anak kan Bunda?” Katanya.

“Ok, karena kamu sudah mendengar kata itu, Bunda akan menjelaskannya kepadamu agar tidak salah paham.” Kulihat ke wajahnya.

“Mani itu adalah sperma. Sperma itu ada pada laki-laki yang sudah dewasa. Tanda seorang laki-laki yang sudah dewasa, yaitu keluarnya sperma ketika mimpi basah. Bukan hanya itu aja, umumnya disertai dengan perubahan bentuk tubuh, tumbuhnya rambut di atas bibir dan di bawah dagu, suara yang membesar, dan tumbuh jakun.”

Aku berhenti sebentar dan bertanya apakah dia sudah paham.

“Bunda trus apa fungsi sperma itu, Bunda?” Tanyanya.

“Sperma itu berfungsi ketika kalian menikah. Nanti kamu akan tahu apa fungsinya tentu saja ketika sudah sampai waktunya, yaitu menikah.”

Hanya sebatas itu yang bisa aku jelaskan kepada anak itu. Karena kalau terlalu jauh dijelaskan maka anak akan memikirkan hal yang macam-macam. Kalaupun nantinya akan ada pertanyaan seperti,” Kok bisa yang Bun, mama melahirkan?” Nah, untuk pertanyaan seperti itu akan ada penjelasan lebih lanjut.

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Pernik Sekolah. Tandai permalink.

4 Balasan ke Anak Zaman Sekarang

  1. naniknara berkata:

    wah, itu anak usia berapa bu guru?
    memang mesti pinter menjawab pertanyaan anak yang kadang diluar perkiraan kita🙂

    Suka

  2. dokter anak berkata:

    anak2 skg jauh lebih kritis,lebih peka akan informasi yang seharusnya blm saatnya dia tau…

    Suka

  3. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    Pengetahuan begitu cepat tersebar hanya orang tua lah yang harus memberikan pemahamannya kepada sang anak agar mereka tidak mencari pengetahuan pada tempat yang salah.
    oh ya selamat beraktivitas bund
    Salam Takzim Batavusqu

    Suka

  4. kids party berkata:

    bagus nih artikelnya…penting dibaca untuk para orang tua ….makasih ya udah share…

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s