Dalam Hening, Lelah…

Mataku makin lelah menatap laptop yang masih terang hingga dini hari ini. Suntuk benar, kutinggalkan layar laptop yang masih setia menemani malamku. Tubuhku juga butuh istirahat, apalagi mataku yang sudah mulai lelah dan berair melihat tulisan dengan size 12 Time New Roman. Tak bisa tidur! Kuambil buku yang baru kubeli di toko buku di salah satu terminal kota satelit di kotaku. Lumayan, buku diskon yang akhirnya menjadi pelampiasanku. Malam dan lelahnya mata tidak bisa membuatku terpejam. Aku mencoba menggiring mataku untuk menjadi sangat lelah. Aku terus membaca. Ingin sekali aku segera menutup malam ini dengan doa ‘Bismikallahumma ahya wabismika amuut’. Berbagai cara aku lakukan, jam sudah menunjukkan pukul 3 dini hari. Masya Allah, ada apa dengan mataku? Begitu susahnya malam ini dia memejamkan mata padahal aktivitas di siang hari sungguh berat, mengajar, kuliah, dan mengerjakan tugas.  Aku tahu, mata dan setiap anggota tubuh memiliki haknya dan aku ingin menunaikan hak itu, tapi kenyataannya…Aku tidak bisa tidur!

Aku mencoba menghayalkan sesuatu. Kuingat kejadian siang tadi di sekolah dan di tempat kuliah. Ah, anak- anak dan teman yang begitu ‘ menggemaskan’. Aku ingat wajah- wajah mereka, dalam doa aku meminta ampun kepada Allah yang mungkin tanpa aku sadari aku telah menyakiti hati seseorang. Aku ingat wajah orang tuaku, yang mungkin hanya dalam beberapa bulan ini aku sering melihat wajah mereka. Semua terlintas. Sesekali aku tersenyum, ketika aku mengingat tingkah laku Tata, si kucing jantanku yang selalu mengikutiku kemana saja saat dia lapar. Tata juga tidak bisa disenggol sedikit pun, dia langsung minta dimanja. Aku ingat wajah lucunya. Dalam ingatan yang jelas sekali malam itu.

Jejangrik bersiul- siul mengiramakan nyanyian malam yang membuatku terhanyut. Ada ketakutan saat aku membayangkan tubuhku berada di dalam tanah, yang disana hanya ada hewan- hewan tanah yang siap merobek- robek tubuhku. Secuil demi secuil jangkrik, cacing tanah, belatung, pengurai, berebutan menggerogoti tubuhku. Ngeri. Satu persatu ulah mereka ini membuat tubuhku terpisah dari bagian- bagiannya. Merinding. Menangis. Takut. Malam muhasabah, yang dengan mataku kulihat motor terseret beberapa meter di depanku karena tabrakan sesama motor. Kaki si pengemudi patah, darah dimana- mana. Tubuhku bergetar hebat. Air mata ingin meleleh, tapi segera kusadarkan diri untuk tidak menangis malam- malam karena takut nanti penghuni rumah ketakutan karena suaraku.

Ketika semua tidur dan hening yang ada di sekeliling, kesadaran akan muncul bahwa kita akan sendiri. Di saat sendiri itu, serasa dosalah yang ada. Dosa yang bertumpuk. Dosa lisan yang kadang tidak bisa dihindari. Dosa mata yang setiap hari terlewati dengan mudahnya. Dosa hati yang sulit sekali untuk disembuhkan. Masya Allah, penuh dosa. Malam mengantarkan pada penghayatan tentang diri. Berlari dari rutinitas yang tiada habisnya. Berlari dari penatnya akan tugas yang menumpuk dan beberapa belum terselesaikan. Namun, ada secercah harapan bahwa esok akan ada hari yang baru dan semoga hari esok akan lebih baik.

Iklan

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi. Tandai permalink.

4 Balasan ke Dalam Hening, Lelah…

  1. widiagroup berkata:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatabase.blogspot.com/

    Suka

  2. selamat menjalani rutinitas. dalam keheningan juga aku mendoakan semoga dirimu bahagia.

    Suka

  3. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    kenapa ga menghayal ke jakarta, membonceng di sepeda bermerk batavus, nanti bunda akan rasakan sensasi batavus itu lho, Jaga kesehatan bunda jangan sampai sakit lagi dong
    Salam Takzim Batavusqu

    Suka

  4. Ping balik: Pribadi Untuk Semua | psikologi

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s