Kangen Ngeblog…

Sudah lama tidak update blog, rasanya kangeeen banget. Menyapa teman- teman pun sudah jarang. Ada kebosanan yang sudah menghambatku untuk menuliskan beberapa artikel atau tulisan disini atau di catatan fb. Kebosanan membuat orang enggan bergerak. Rutinitas yang begitu- begitu saja membuat aku menghentikan sejenak kegiatan ngeblogku padahal banyak sekali cerita yang bisa kubagi disini. Aku rangkum saja ya….

Suatu pagi aku diajak mengikuti seminar pendidikan tentang optimalisasi otak anak. Subhanallah pembicara yang tampil pada acara itu memang ahlinya. Salah satu pembicara yang sangat kusuka adalah seorang ibu, praktisi deteksi dengan jari, yaitu Irene F Mongkar. Tampilan beliau sederhana, tapi wawasan yang diberikannya pada hari itu sungguh membuatku tak menyangka. Dia enerjik, periang, dan penuh pengalaman. Suasana seminar tak terasa pada bagian beliau. Pengalaman yang dia ceritakan menggugahku untuk mempersiapkan diri menjadi ibu yang baik. Ibu yang mendidik anak  dengan baik akan mendapatkan hasil yang baik pula. Ternyata, kunci menciptakan hubungan yang baik dengan anak adalah komunikasi yang baik dengan saling memahami, tidak memaksa, dan tidak selalu menampilkan ‘aku’. Pahami anak sebagai manusia, bukan manusia mini yang banyak dikatakan oleh orang. Suasana seminar hidup seperti ingin segera menerapkan apa yang beliau sampaikan. Seminar itu membuka pikiran bahwa setiap anak itu cerdas hanya saja ada anak yang kecerdasannya sudah optimal dan ada yang belum sehingga butuh stimulasi yang berasal dari lingkungan sekitarnya. Stimulasi harus dimulai dari waktu anak di dalam kandungan. Otak anak akan berkembang pesat berkisar dari usia 0- 7 tahun. Jadi, sebaiknya orang tua harus pandai- pandai menstimulasikan otak anak. Jadilah orang tua yang tidak malu- malu dalam mengajari ini. Tampillah sesuai dengan dunia mereka.

Seminar yang serupa aku ikuti, yaitu bagaimana memberi sugesti yang positif pada anak sehingga tingkah laku anak pun positif. Seminar ini hanya diikuti oleh beberapa guru SD IT dan TKIT Al Furqon. Pembicaranya Bapak Frengky. Sebenarnya kedatangan beliau kesini dalam rangka promosi, tapi ada muatan nilai yang bermanfaat bagi pendidikan. Bagaimana memberi sugerti pada anak? Disinilah Bapak Frengky katakan bahwa anak itu akan meniru apa yang kita katakan dan kita kerjakan. Misalnya, jika kita mengatakan ‘kamu bodoh!’. Yang terjadi adalah si anak akan merasa bahwa dirinya memang bodoh. Akhirnya, dia akan malas belajar. Dalam mensugesti, berikan pilihan karena disana anak belajar memilih dan  bertanggung jawab dengan pilihannya.

Beberapa kegiatan dilakukan di sekolah, kegiatan tidak ada habisnya. Belum selesai satu, sudah menunggu kegiatan lain. Mulai dari pekul hingga tadabur Qur’an.

 

 

 

 

 

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi. Tandai permalink.

3 Balasan ke Kangen Ngeblog…

  1. Pelajaran yang menarik tentang dunia anak, ternyata benar setiap apa yang diucapkan orang tua suka ditiru oleh anak., itu pengalamanku sehari-hari. hmm.. jadi kapan mulai ngeblog lagi🙂 ?

    Suka

  2. didot berkata:

    bener banget ya mbak,anak itu pertumbuhan otaknya paling pesar di umur 1 sampai 6 tahun,jadi itu yg paling harus distimulasi🙂

    btw aku juga kangen ngeblog dan BW lho mbak,udah lama banget rasanya hihihi

    Suka

  3. kang ian dot com berkata:

    kemana aja ni mbak.. dah lama g main ke rumah saya tak kira sombong xixi

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s