Bait dan Baris dalam Puisi

Dulu, kalau mengajarkan puisi untuk kelas atas serasa sangat mudah. Hal ini disebabkan karena anak-anak sudah mengetahui apa itu puisi. Nah, di kelas 2 ini ternyata anak belum tahu apa yang disebut dengan bait dan baris dalam puisi. Inilah tantangan bagi seorang guru kelas bawah, terutama kelas 1 dan 2. Guru harus mulai mengenalkan apa itu bait dan apa itu baris dalam puisi.

Aku mencoba mengenalkan kedua bagian puisi itu dengan menyuruh siswa melihat berbagai contoh puisi. Aku coba jelaskan apa itu bait dan yang mana yang disebut baris. Aku ajak anak untuk menghitung jumlah bait dan baris pada puisi yang ada. Pertamanya, banyak anak yang kurang mengerti lalu kucoba menuliskan sebuat puisi di papan tulis. Alhamdulillah, anak-anak mulai mengerti.

Ada untungnya lho punya anak yang daya tangkap pada materi pelajaran cepat sehingga anak-anak yang lain termotivasi untuk mengikuti jejaknya, yaitu segera tahu. Aku coba hapus beberapa baris puisi pada beberapa bait, lalu aku suruh mereka menghitungnya. Aku hapus baitnya dengan maksud anak mengerti dan paham bait. Alhamdulillah berhasil. Setalah semuanya selesai, kucoba anak membuka puisi yang ada di buku cetak. Dengan cepat kutanyakan,” Ada berapa bait puisi ‘Kamarku’?” Aku lalu bertanya, “Di bait pertama pada puisi itu terdapat berapa baris?” Pada percobaan pertama, ada beberapa anak yang kurang mengerti. Kucoba lagi menyuruh mereka menghitung dengan melihat contoh-contoh di buku. Sudah beberapa kali dicoba, alhamdulillah….Mereka bisa. Aku bahagia.

Kebahagiaan seorang guru adalah ketika anak memahami materi yang kita ajarkan dan menerapkan materi itu dalam bentuk karya nyata. Seorang pendidik tidak meminta anak menmenjuluki dia sebagai guru yang hebat. Dia ingin anak-anaknya mampu bertahan ketika dilepas di masyarakat nantinya. Pernah suatu ketika seorang anak berkata, ” Bunda, aku nggak suka matematika ?” Kebetulan, waktu dia berkata seperti itu, dia sedang mengerjakan latihan matematika. Aku sih maklum kalau pertemuan pertama anak belum mengerti. Aku pun berkata, ” Nggak ada lho yang yang langsung bisa kalau nggak belajar. Matematika juga pasti digunakan di setiap pekerjaan. Coba, nanti kalau sudah besar mau menjadi apa ?” Aku bertanya kepada si anak dan dia langsung menjawab,” Pemain bola.”

” Nah, sekarang apakah pemain bola itu nggak butuh ngitung ?”

” Mereka tuh ngitung juga lho….Besaran sudut untuk mencetak gol. Itu tuh ilmu matematikanya dipake πŸ™‚ “



Iklan

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Pernik Sekolah. Tandai permalink.

10 Balasan ke Bait dan Baris dalam Puisi

  1. kyaine berkata:

    pada puisi ada banyak matematika
    demikian juga pada lagu dan nyanyian
    belajar matematika
    hati mesti gembira dan suka ria

    Iya, Pak…Klo hati udah merasa senang dgn matematika, insya Allah kita akan lebih paham juga….

    Suka

  2. fitrimelinda berkata:

    betapa bahagianya jd pengajar yah mbak..
    jadi pengen..

    Benar,Fit….Nikmatnya itu ketika kita menyalurkan ilmu kita ke mereka dan ilmu itu akan memberikan manfaat bagi mereka kelak….

    Suka

  3. Yohan Wibisono berkata:

    Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang Bisnis dan Kesehatan di blogku : http:// http://www.ptmsi.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    Makasih kembali….

    Suka

  4. This is the wonderful thing i spend long time to find

    it.

    Thanks for your attention….

    Suka

  5. Kakaakin berkata:

    Subhanallah…
    Seru banget, dari kecil udah belajar puisi πŸ™‚

    Iya, Mbak….
    Seru banget pokoknya ngajarin si kecil ^^

    Suka

  6. didot berkata:

    pemain bola perlu bisa berhitung,ngitung jumlah pemain teman2nya,terus ngitung skornya juga ,gitu kan mbak?? πŸ˜›

    emang matematika itu semua bidang lain juga memerlukannya kok πŸ™‚

    Iya,Dot…Matematika bisa dipakai dibidang apa pun ….

    Suka

  7. dekda berkata:

    thankz pemberitahuannya , tpi kurang memuaskan..!

    Suka

  8. siapa berkata:

    Seru

    Suka

  9. fitria036 berkata:

    puisi tu indah lho !!!

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s