Pesan Rosulullah kepada Muslimah (Sebuah Resensi)

Judul       : Pesan Rosulullah kepada Muslimah (Hard cover)

Penulis    : Dr. Sayyid Jumaili

Penerbit : Akbar Media Eka Sarana, Jakarta. Cetakan ke-3 (2006)

Tebal       : 312 halaman

Sebuah buku dengan cover dasar putih-biru, berbunga dan di depannya ada gambar seperti mushab Al Qur’an  ini hadir tanpa disangka-sangka.  Alhamdulillah, selama liburan ini tuh buku sempat dibaca (walau masih separuh sih :mrgreen:  ).

Oke, aku mulai resensinya ya….

Bismillah…

Aku suka penampilan buku ini, kalem, sederhana, anggun, dan bersahaja. Buku aja segitunya ya. Ya, itu sih menurut pendapatku. Dengan tampilan seperti itu, rasanya sayang untuk tidak dibaca. Nah lho, nggak kok🙂

Dari aspek judul ‘ Pesan Rosulullah kepada Muslimah’, jujur saja kalau aku membaca judul itu…aku langsung bisa menebak apa saja isinya. Buat penasaran nggak tuh judul ? Sedikit penasaran sih karena ada beberapa buku yang hampir mirip telah kubaca. Ayo, kalau Teman-teman membaca judul bukunya apa yang ada dalam benak kalian ?

Pasti isinya Al Qur’an dan hadits-hadits ya ? Yup, itulah isinya. Semua isi dari buku itu yang utama adalah hadits (karena yang berpesan tuh Rosulullah saw), tapi ada beberapa hadits didukung dengan ayat- ayat Al Qur’an (hadits qudsi).

Menarikkah buku ini bagiku ?

Sebelumnya aku akan memberikan gambaran sekilas tentang isi buku ini. Buku ini terdiri dari 13 Bab.

Bab 1-Pesan ini adalah penerang bagi seluruh manusia

Bab 2- Berbagai realitas kaum wanita di dalam surga

Bab 3- Menikah merupakan sunnah Rosulullah

Bab 4- Barang halal yang paling dibenci Allah dalam perceraian

Bab 5- Perintah untuk melakukan ibadah haji, bagaimana dengan kaum wanita ?

Bab 6- Berpuasalah, niscaya akan menjadi sehat

Bab 7- Pesan-pesan Rosulullah tentang ibadah

Bab 8- Bersuci dan sholat

Bab 9- Hubungan sosial dan pewarisan

Bab 10- Berbakti kepada kedua orang tua merupakan jalan menuju surga

Bab 11- Wasiat ibu kepada putrinya

Bab 12- Keluarga Rosulullah

Bab 13- Beberapa wasiat Rosulullah yang terpisah untuk wanita muslimah

Dalam Bab-Bab tersebut terdapat beberapa hadits. Hadits yang ditampilkan adalah hadits-hadits shohih. Penulis sangat selektif dalam memilah hadits sehingga ada beberapa hadits yang tidak dianggap shohih. Misalnya pada Bab 7 dengan subbab ‘Keterangan tentang Ihram Wanita’ hal.141-142 tentang Rosulullah menikahi Maimunah ketika ihram.

Diriwayatkan dari Maimunah bahwa ia berkata,” Rosulullah menikahiku, sementara kami berdua dalam keadaan halal, di daerah Saraf.” (HR. Muslim, Daud, dan Tirmidzi)

Ada kelanjutan lagi.

Utsman mengatakan bahwa Rosulullah bersabda,” Orang yang tengah melakukan ihram tidak boleh menikah, tidak boleh menikah, dan tidak meminang.” (HR. Imam yang enam kecuali, Bukhari). Bebarapa ahli hadits berbicara membahas hal itu, namun ditengahi dengan perkataan,” […Bahkan, mungkin saja hal ini berlaku secara khusus bagi Rosulullah]. “(hal.142)

Hmmm, kalau ditanya menarik atau tidaknya sebuah buku, rasanya itu bukanlah pertanyaan yang bagus. Sebenarnya buku ini buku yang bagus untuk dibaca dan dimiliki oleh para muslimah (remaja, dewasa, istri, nenek, uwak, tante, dsb.), tetapi sangat disayangkan sekali ada beberapa kelemahan yang kurasa harus mendapat perhatian dari penulis bahkan penerbitnya. Apakah itu ?

Dalam beberapa hadits Penulis tidak memberikan keterangan atau penjelasan sehingga pembaca (dalam hal ini aku) menjadi bingung. Misalnya pada Bab 1 ‘Janganlah seorang wanita menggambarkan wanita lain kepada suaminya’, hal. 27. Inilah seluruh pembahasan sub bab itu :

Ibnu Mas’ud r.a. mengatakan bahwa rosulullah saw bersabda,”Janganlah seorang wanita melakukan hubungan secara langsung dengan seorang wanita. Kemudian menggambarkan wanita itu kepada suaminya, hingga seolah-olah dang suami itu melihat dengan matanya sendiri.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Sampai disini aku jelas, namun ada tambahan lagi nih…

Dalam riwayat An Nasa’i diriwayatkan dari Atha’ bin Yasar bahwa dia berkata, “Rosulullah mempersiapkan sebuah pakaian berkerudung untuk Fatimah sementara di dekatnya terdapat sebuat bantal yang isinya adalah bunga idzhir.”

Nah, setelah itu…nggak ada lagi penjelasan. Bingung. Aku masukan ke forum lalu ada yang reply gini…

Reply by dedeOknum on July 6, 2010 at 4:02pm
bismillah…
klau dilihat dari konteks hadits secara harfiah, itu menunjukan bahwa seorang wanita (istri) tidak boleh menceritakan keadaan fisik wanita lainnya (siapapun itu) secara detail, seperti rupa, lekukan tubuh, bentuk tubuh atau yang lainya. sehingga si suaminya berimajinasi tentang wanita yang diceritakan oleh istrinya itu.
karena jika seorang suami berimajinasi hal tersebut, kemudian dia membawa imajinasinya itu disaat melakukan intim, maka hukum hubungan intim itu adalah HARAM/DILARANG.
itulah mengapa nabi melarang seperti dalam hadits di atas…

wallahu a’lam..

Terus apa hubungannya dengan yang pertama ? Wah, makanya aku buat forum itu. Kali aja ada yang bisa membantuku untuk mengatasi kebingungan tadi.

Ya, tidak ada yang sempurna, termasuk buku itu. Ada kekurangan dan ada juga kelebihannya. Semuanya sudah baik, tapi sepertinya Penulis harus memberikan penjelasan (maksudnya tidak hanya menampilkan hadits-hadits saja). Maklum, Pembaca yang sepertiku kan tidak begitu paham perjalanan tuh hadits. Jika ditambah penjelasannya, buku itu akan tambah baik lagi nantinya. Insya Allah.

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Islam, Resensi. Tandai permalink.

22 Balasan ke Pesan Rosulullah kepada Muslimah (Sebuah Resensi)

  1. didot berkata:

    makanya kalau alquran dan hadist kita juga harus punya pengetahuan ilmu nahu,kalau kurang kita biasanya kepentok ,karena ada sejarah dari turunnya hadist dan alquran.

    saya sendiri kalau hadist gak ngerti langsung nanya yg berwajib,yaitu ustad2 saya mbak hehehehe😀

    Suka

  2. 'Ne berkata:

    wah sepertinya buku bagus ya mbak, tapi kok gak ada gambar bukunya? saya pengen tahu lebih dalam tentang bab 3nya hehe..

    Suka

  3. mei90 berkata:

    Wah,..nice book tuh mba’… aku tertarik sama yang Bab 6….hihihi…..

    Suka

  4. Dangstars berkata:

    Makasih resensinya,,dan perlu dimilikiini buku

    Suka

  5. kang ian berkata:

    berarti buku ni khusus mulimah y..

    Suka

    • Meliana Aryuni berkata:

      Sebenarnya kalau dikatakan ‘khusus’ nggak juga Ian. Ini juga gabus dibaca oleh para laki2 (seperti Ian) sehingga laki2 itu tahu apa saja hal yang sebaiknya dilakukan oleh kaum wanita (istrinya/ibunya/adiknya/ keluarganya). Apalagi Ian mau nikah….Hmmm, buat referensi, Ian nanti kasih buku untuk Rembulan buku ‘ Untukmu yang akan dan sudah menikah’… ^^

      Suka

  6. Dangstars berkata:

    Harga nya berapa yah ?😀 😀

    Suka

  7. rangtalu berkata:

    pesan Rasulullah.. kadang memang berat menjalankannya, tapi justru disanalah letak nilai kita

    Suka

  8. Sekilas memahami, sungguh berat tanggung jawab seorang wanita (istri), nggak boleh ini, nggak boleh itu. Tapi saya percaya semua itu adalah yang terbaik bagi mereka.

    Suka

  9. rainbroccoli berkata:

    Makasih resensinya Mbak..
    Bisa jadi pilihan buku yang perlu dibaca bulan ini..🙂

    Suka

  10. Kakaakin berkata:

    Rasa2nya aku pernah lihat buku ini di rak toko/penjual buku Islam. Insya Allah mau nyari ah…🙂

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s