Memulai Bisnis dari Ilmunya

Ini bukan promosiiii, tapi ada ilmu di dalamnya. Buat yang mau berbisnis, silahkan dibaca ringkasannya !

Judul : Step by Step Usaha Modal Kecil Untung Besar
Pengarang : Hanif Fakhruroja
Tebal : 138 hal ; 15×21 cm
Penerbit : Daras Books, 2010, Jakarta

Image and video hosting by TinyPic

Buku dengan cover kartun ini menarik sekali untuk dibaca. Jarang-jarang aku tertarik dengan buku-buku bisnis, kali ini aku tertarik sekali dengan buku yang aku dapat dari temanku di sekolah. Ya, buat mengawali bisnis setidaknya kita harus punya ilmu. Buku ini berisikan 5 BAB, yaitu ada apa dengan kaki 5, bisnis yang berawal dari potensi pasar, modal minim tapi kaya kreativitas, tips memproduksi banrang kualitas kali 5, dan belajar dari yang sukses (kisah inspiratif).


Di BAB I, jangan pernah remehkan pedagang kaki lima, yang dengan modal kecil akhirnya mereka bisa sukses.

BAB II
Untuk memulai bisnis, hendaknya kita menganalisis potensi pasar, yaitu produk yang akan dijual, seberapa banyak permintaan, kelompok komsumen mana yang menjadi sasaran kita, wilayah yang tepat, periode permintaan, lingkungan pemasarannya, dan program pemasaran produk.

Bukan hanya itu saja, sebelum memilih tempat usaha, sebaiknya kita melihat kepadatan penduduk (cocok tidak dengan produk kita), penghasil penduduk di sekitar, jumlah usaha yang telah ada disana, tempat, lalu lalang kendaraan, dekat dengan pusat keramaiankah, jarak tempuh jika ada karyawan utama, zona, tingkat kompetensi usaha, dan menarik tidakkah usaha yang kita dirikan itu.

Bagaimana memulai usaha, nah ini dia tipsnya :
1. Lakukan pengamatan dan pendalaman mengenai seluk beluk bisnis yang akan dibangun (prosesnya, bahan bakunya, calon dan karakteristik konsumen, pemasaran dan polanya, kenali resikonya).

2. Lakukan uji coba dengan tes pasar, gunanya untuk melihat umpan balik konsumen melalui kriti dan saran. Lakukan perbaikan.

3. Susunlah rencana usaha (penetapan nama produk, pengemasan, proses, jalur distribusi, penanam modal tambahan, orang yang akan diajak kerja sama).

4. Mulailah saat ini, dengan memulai kita mendapatkan pengalaman.

5. Hadapi dan atasi hambatan atau kegagalan. Yakini bahwa tidak ada kesuksesan tanpa hambatan.

Selain itu kita pun harus tahu ada 9 aspek penting saat memulai usaha menurut Gerald Abraham, konsultan keuangan :
Pertama, pemahaman akan konsep produk/ jasa secara baik.
Kedua, membuat visi dan misi bisnis.
Ketiga, perlunya winning, positive, and learning attitude untuk menjadi sukses….karena tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam satu malam.
Keempat, membuat perencanaan dan strategi bisnis yang efektif akan menghindari usaha dari resiko bisnis dan keuangan.
Kelima, pengetahuan dasar manajemen, organisasi, dan sistem akan menghindarkan usaha dari resiko kesalahan manajemen.
Keenam, optimalisasikan SDM, maka 50% usaha Anda sudah berhasil.
Ketujuh, kreativitas, kepemimpinan, dan proses pembuatan keputusan sangat penting.
Kedelapan, pengetahuan dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaan.
Kesembilan, pemasaran, layanan, dan citra merk.

Pada BAB 3, buku ini membahas bagaimana dengan modal minim, tetapi penuh dengan daya kreativitas untuk memulai usaha. Menjadi orang yang kreatif sehingga dia akan lebih terbuka pikirannya terhadap gagasannya sendiri maupun gagasan orang lain. Kita harus tahu bahwa untuk menjadi orang yang kreatif itu terdapat hambatannya, yaitu kebiasaan, waktu (kesibukan), banyaknya masalah atau tidak ada masalah sama sekali, takut akan kegagalan, takut dikritik, adanya kebutuhan akan jawaban atas kesulitan yang dialami.

Kreativitas itu terdiri dari tiga komponen, yaitu keahlian, keterampilan berpikir kreatif, dan motivasi (intrinsik). Kreativitas ini harus ditunjang ;tantangan, kebebasan, sumber daya, fitur pembagian pekerjaan yang sesuai, dukungan manajemen/ pimpinan, dan dukungan organisasi.

Lho, aku kan bukan orang yang kreatif ? Kreatif itu bisa diciptakan, yaitu dengan cara mengembangkan sejumlah gagasan untuk memperoleh gagasan yang baru, brainstorming (mengatasi segala hambatan dan kritik), sinektika (menganalogikan dan memetaforakan sesuatu untuk menghasilkan gagasan kreatif ke dalam permasalahan), dan memfokuskan pada tujuan (berbuat seolah-olah apa yang diinginkan akan terjadi besok).

Bagaimana menjadi orang yang kreatif ? Nih dia tips berikutnya ;
Anda harus membuka pikiran untuk menerima ide-ide dan pengalaman baru serta jangan menutup diri atas kehadiran pengetahuan dan informasi yang baru. Cara yang kedua, biasakanlah membaca dan memegang penan di tangan, jangan tunda ide yang muncul, segera tuliskan. Ketiga, bertanyalah pada diri sendiri lalu tuliskan masalah yang sedang dihadapi dan tuliskan sasaran-sasaran dalam bentuk pertanyaan dalam kalimat tanya yang spesifik. Keempat, jangan abaikan ide-ide yang muncul, biasakan mengambil waktu yang rileks.

Dalam memulai usaha, yang perlu diperhatikan adalah keberanian, keberanian untuk memulai itu yang perlu.

BAB IV dan V silahkan dibaca sendiri ya ^_^

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Bedah buku, Resensi. Tandai permalink.

21 Balasan ke Memulai Bisnis dari Ilmunya

  1. al ilmu qobla amal…segala sesuatu memang harus didasarkan pada ilmu…apapun itu ketika dikerjakan tanpa ilmunya pasti berantakan…

    pada akhir zaman ilmu akan dicabut dari bumi dengan mewafatkan para tokoh tokohnya…memang benar ilmu pengetahuan terus berkembang namun tidak disadari sebenarnya sudah banyak ilmu yang mulai ditingalkan oleh kebanyakan orang…yang mereka pelajari justru yang menjadi keutamaannya saja…sedangkan inti dari keilmuan itu sudah mulai hilang…

    jadilah mahasiswa abadi…selalu belajar dari sekitar kita…2 faktor yang turut mempengaruhi kehidupan kita adalah buku apa yang kita baca dan dengan siapa kita bergaul…pilihlah buku buku positif dan teman yang baik perangainya…

    Suka

  2. Asop berkata:

    Boleh nih bukunya.🙂

    Suka

  3. rumahsehatafiat berkata:

    memulai bisnis adalah tindakan
    berjalan bisnis dengan memasarkan
    kondisi bisnis yang fluktuatif artinya berinovasi
    kondisi maksimal artinya Intropeksi

    semangat terus

    Suka

  4. yanrmhd berkata:

    bagus nih buku, banyak ilmu tuk mulai bisnis,
    intinya berani mengambil peluang…siiip🙂

    Suka

  5. abdillah berkata:

    bismillah
    mbak ,mbok sekalian aja yang bab4 dan 5 nya,..,hehe…ato mungkin bisa dkrim langsung ke emelku mbak.,

    biasa mbak kantong mhasswa

    (text with strip)tapi klo ga mau jg gpp(text with strip)

    Suka

  6. didot berkata:

    ngikutin jejak mbak mel yg lagi belajar bisnis juga deh😛

    Suka

  7. hanyanulis berkata:

    Kok TKP tempat nyomot ebooknya ndak di sertakan juga mbak mel ????🙂
    pingin share ilmu juga neh dgn kamu mbak🙂

    Suka

    • Meliana Aryuni berkata:

      Ya, emang ada ebooknya….Mbak nggak tahu karena kalau mbak buat resensi, selalu Mbak baca dari buku langsung. Jadi, kalau mo nyomot dari ebook tuh malah mbak yang nggak tahu….Coba search di google, mungkin ada ebooknya🙂

      Suka

  8. Ifan Jayadi berkata:

    Sepertinya buku ini memberikan ide2 yang dapat menjadi penyemangat bagi orang2 yang ingin memulai usaha bisnis. Bukan begitu mbak Meli?

    Suka

  9. konsultan warnet berkata:

    thanks dah di share infonya..

    Suka

  10. new ptc berkata:

    Memulai bisnis artinya kita mulai mengambil segala resiko, baik rugi atau untung.., usaha dan doa adalah dua kekuatan yang tidak bisa dipisahkan untuk mencapai keberhasilan dan satu lagi jangan pernah menyerah. Makasih infonya cukup menarik buat nambah semangat berjuang untuk memulai suatu bisnis.

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s