Ketidaksiapan adalah Kegagalan

Kisah ini adalah kisah teman yang hendak menyajikan tugasnya, namun terkesan tidak siap. Itu yang dikatakan pengampu kami. Apa yang terjadi kemudian? Wajah yang penuh dengan kecemasan, raut wajah yang tidak enak dilihat. Semuanya menjadi satu. Apa yang harus beliau lakukan.

Blocking ucapan terjadi disini. Penggunaan rasionalisasi dalam memberikan alasan mengapa sampai terjadi kejadian seperti ini. Akibatnya, ada pencitraan negatif yang beliau dapatkan dari orang yang mendengar penjelasannya. Alasannya singkat, hal ini terjadi karena tidak ada pemberitahuan dari si pemoto kopi kalau akan tutup hari ini. Terlihat sekali beliau kecewa, tapi sebenarnya hal itu tidak akan terjadi jika ada persiapan :

  • fisik
  • ruhani/jiwa
  • ilmu
  • strategi

Bergeraklah jika siap! Buat rencana jangan sampai kalah telak. Jangan jatuhkan self esteem (harga/citra diri) kita karena ketidaksiapan. Nilai yang terlihat adalah perwujudan nilai yang tak terlihat.

Suatu keberhasilan akan hadir dengan kesiapan dan sebaliknya. Berusaha semaksimal mungkin dan tunggu hasilnya.

“Ya Allah, bantulah aku untuk mempersiapkan segalanya. Tugas begitu banyak. Jangan jadikan diriku selalu berkeluh kesah. Aamiin ya, Rabb….”

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Isi Hatiku. Tandai permalink.

28 Balasan ke Ketidaksiapan adalah Kegagalan

  1. setitikharapan berkata:

    Amiin mbak. Merasa gagal sebelum bertindak menunjukkan bahwa kita sebenarnya sudah gagal.

    Suka

  2. mahasiswa abadi berkata:

    persiapan yang matang adalah 90 % dari kemenangan…kalaupun kurang persiapan hadapilah dengan tenang….megalir bagai air gunakan logika untuk menyampaikannya…spontanitas pun bisa berasa kalau kita bumbui dengan pas…

    SEORANG PEJUANG AKAN MELAKUKAN DENGAN MAKSIMAL…

    seorang pecundang akan merasa kalah sebelum bertanding…

    ANDA PASTI BISA KALAU ANDA YAKIN BISA ….DO THE BEST

    Suka

  3. Nanang Abdullah berkata:

    Semoga selalu siap dan mempersiapkan. Ma’af ada titipan award mohon diambil disini
    http://nanang07.wordpress.com/2010/04/03/pr-dan-award-dari-sahabat

    Suka

  4. TAMAN SISWA berkata:

    jangan melakukan apapun kalau ngak mau gagal….
    kegagalan adalah ilmu yang sangat berharga dalam kehidupan seseorang, ketika segala sesuatu sudah kita siapkan namun tetap gagal juga maka saat itulah kita tertantang untuk meningkatkan kualitas diri…

    q kirim buah PACE,,,makanlah enak dan baik untuk kesehatan…

    P….laning
    A…ction
    C…ontroling
    E…valuasi

    manis untuk masa depan namun pahit dalam pelaksanaan

    Suka

  5. sunflo berkata:

    ssipp bersiap-siaplah dan bersemangatlah… majuuu Mell… ^^

    Suka

  6. didot berkata:

    ijinkan saya mengutip nasehat terkenal : If you fail to plan,you plan to fail.

    hidup harus direncanakan dan dipersiapkan segala sesuatunya. kalo cuma mengalir aja,bisa2 seperti air hujan,mengalirnya ke got:mrgreen:

    Suka

  7. kunto berkata:

    bknnya hidup ini pnuh ktidakpastian. persiapan sehebat apapun ketidakpastian pst membayangi.
    kl banyak pluang dateng, apa kita akan mnolak krn mrasa blum siap?? sayang euy… pdhal ktidakpastian bs memprsulit / mempermudah. kita g tau smpai masuk ke dalamnya. bisa jdi ktika tidak siap, justru ktidakpastian mempermudah jalan jd smuanya berjalan lancar.
    hehehe
    cm pmikiran sy yg terbatas ini…

    Suka

    • melianaaryuni berkata:

      Ntar dulu ada kalimat yang buat saya binun ni :
      1. pdhal ktidakpastian bs memprsulit / mempermudah.
      2. justru ktidakpastian mempermudah jalan jd smuanya berjalan lancar.
      Nah, mohon penjelasannya….

      Suka

      • kunto berkata:

        hay2…. slamat pagi mba mel..
        mksih sdh mengunjungi blog sy.

        Mmm.. sblumnya, smoga slahturahmi kita lancar y wlaupun kita tdk spaham.

        ktidakpastian mnunjukkan manusia tdk tau apa yg terjadi besok ato mungkin 1 dtik stlahnya. analogi aja y. kita psti prnah ujian(wkt skolah/kuliah). apa mrka yg mempersiapkan diri slalu dpt nilai pling bgs? byangkan jka tiba2 stlah mempersiapkan dri, saat ujian justru sakit atau kita dpt kabar buruk sihingga merusak konsentrasi(nah, ini justru menyulitkan). tp bisa jd mrka yg tdk siap tp ttp menghadapi ujian ktika membaca petunjuk ada tulisan ‘open book’ (nah, ini mempermudah).
        sy pernah dnger saat khotbah jumat ustdnya bilang. (kurang lbih) dunia bukanlah tmpat yg adil,mrka yg brusaha keras ttp bisa klah sukses dri orang yg usahanya dibawah mreka. sy mau tdk stuju dunia dbilang g adil tp kenyataanya memang bgni.
        oia, kliatannya sukses yg dmaksud berhub dgn materi, status sosial, kdudukan..

        Suka

        • melianaaryuni berkata:

          Slamat sore,De’….
          Sama2….
          Aamiin, semoga Allah selalu menjaga silaturrahim ini.
          Wait…..
          “ktidakpastian mnunjukkan manusia tdk tau apa yg terjadi besok ato mungkin 1 dtik stlahnya. “
          Ketidakpastian apa yang terjadi di masa yang akan datang, ya yang itu tidak usah dipermasalahkan karena kita memang tidak yahu apa yang terjadi dikemudian hari, kalau pun tahu, itu hanya prediksi kita yang bisa salah/benar. Oke, tapi kita berusaha semaksimal mungkin untuk satu detik yang tidak bisa kita pastikan itu. Manusia hanya menjalaninya.
          ” Apa mrka yg mempersiapkan diri slalu dpt nilai pling bgs?”
          Belum tentu, kadang ada faktor X (misal, yang lain pada nyontek, kita nggak) yang tidak terduga (sakit–seperti jawaban di atas– atau kabar buruk, open book). Artinya nilai buruk yang kita peroleh bukan karena ketidaksiapan, tetapi karena hadir hal-hal yang tidak terduga sebelumnya.
          Itulah kalau kita lihat kesuksesan itu hanya dari segi materi, status sosial/kedudukan saja.
          Allah menciptakan keadilan karena dia Maha Adil, kita saja yang merasa tidak adil. Baru ngeliat tetangga punya mobil, eh bilang,” Allah ga adil, kok saya ga dikasih mobil kayak gitu juga😦 ”
          Kalau sudah bekerja keras, tapi hasilnya masih kalah dari orang yang kurang berusaha….bisa jadi itu bagian dari cobaan kita agar lebih memahami hakikat sukses yang sesungguhnya.

          Ya, itu sih pendapat Mbak….Kadang perbedaan itulah yang menyebabkan kita mengerti pola pikir masing2 sahabat….

          Suka

  8. kunto berkata:

    “Artinya nilai buruk yang kita peroleh bukan karena ketidaksiapan, tetapi karena hadir hal-hal yang tidak terduga sebelumnya.” hal yg tidak terduga itu yg sy maksud ketidakpastian.

    Suka

  9. Kakaakin berkata:

    Diriku sedang pelatihan beberapa hari ini… Agak gugup juga, karena ntar bakalan ada rangkaian ujiannya.
    Seluruh proses pelatihan dinilai dan sangat mempengaruhi kelulusan.
    Mudahan aku siap, sehingga dapat berhasil nantinya🙂

    Suka

  10. Persiapan dan kesiapan memang sangat penting…..
    Segala sesuatu yang dikerjakan dengan terburu-buru tentu tidak maksimal hasilnya…
    Sayangnya, banyak orang lebih suka mengerjakan sesuatu secara dadakan dan terburu-buru…. Satu contoh saja pelajar yang suka belajar sistem SKS….

    Suka

  11. Ifan Jayadi berkata:

    Perencanaan memang akan menjdikan kita lebih siap menghadapi sesuatu. Tetapi apabila gagal, kita serahkan saja kepada Allah SWT. Ini akan lebih baik daripada terus merapatapi kegagalan tsb.

    Suka

  12. Asop berkata:

    Iya, sama seperti mau presentasi, tapi ga ada persiapan. Malah keringat dingin di depan audience.😦

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s