Pokoknya Aku Mau Bertanya !

Seorang anak sedang duduk di kursi kelas. Mata menerawang melihat guru yang sedang mengajar. Apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh sang anak, si guru tidak mengetahuinya. Dalam hati sang guru bingung dan penuh tanda tanya padahal sebelumnya dia tidak pernah melihat anak tersebut berperilaku seperti itu. Sudahlah, dia coba untuk menegur tetapi tidak mencoba untuk bertanya lebih dalam.

Hati itu tidak bisa dibohongi, sang guru merasa gelisah dengan perilaku anak yang tidak biasa itu. Dia mencoba untuk mengatasi kegelisahan itu. Dipanggilnya si anak lalu dia bertanya. Akhirnya dia tahu bahwa anak itu baru pertama kali dimarah oleh ayahnya.

Kesalahan adalah kalau hatimu merasa gelisah. Saat itu yang harus kamu atau saya lakukan adalah bertanya apa yang membuat kita gelisah. Pasti ada yang salah atau pasti ada yang kurang sehingga kita memerlukan suatu tindakan yang dinamakan bertanya.

Buatlah pertanyaan penting, yang memang harus dipertanyakan. Jangan buat pertanyan menguji karena tidak ada gunanya. Tanyakan apa yang ingin kita ketahui, bukan pertanyaan yang sudah kita ketahui. Tanyakanlah suatu pertanyaan yang mengukuhkan, bukan pertanyaan yang melemahkan.

Tanyakan hatimu apa yang salah. Pelan-pelan semuanya akan terjawab bahwa karena ‘itu’ atau ‘ini’, aku menjadi gelisah. Setelah tahu apa yang membuat gelisah. Bertindaklah secepat mungkin, atasi kegelisahan itu sehingga gelisah hatimu tidak akan berlarut-larut. Jika itu berhubungan dengan manusia, coba tanyakan langsung. Ketakutan menyakiti hati atau orang lain tersinggung biasanya seringkali hadir jika kita hendak menyatakannya, tetapi kalau tidak dinyatakan kita sendirilah yang akhirnya mengalami kerugian. Setidaknya kerugian perasaan. Bertanyalah sebelum menyesal di kemudian hari.

Biasanya kalau kita telah menyatakan apa yang menyebabkan kita  gelisah, kegelisahan itu akan sirna. Lega rasanya. Hitung-hitung bertanya sebagai bagian dari benteng diri untuk menghadapi persoalan-persoalan hati/jiwa.

Ungkapkan apa yang harus diungkapkan karena penyesalan selalu datang belakangan. Sebelum menyesal bertindaklah karena kalau sudah terlanjur jadi bubur, tidak akan bisa diubah kembali menjadi nasi, apa lagi menjadi nasi goreng🙂

Penyesalan selalu datang terlambat, waktu telah berlalu. Semua sudah dipersiapkan keluarga. Pembicaraan antara dua keluarga telah terjadi dan telah disepakati. Gadis itu hanya diam. Orang di sekelilingnya pun menyangka bahwa diamnya adalah setujunya si gadis atas kesepakatan dua keluarga. Setelah semua pulang, si gadis pergi ke kamar dan menangis sejadi-jadinya.

” Mengapa tadi aku tidak bicara ! Ya, Allah…mengapa lidahku keluh untuk menyatakan ‘ketidaksediaanku’ ! Ampuni aku ya Allah….Kalau sekarang aku nyatakan, banyak yang akan kecewa. Banyak yang akan tersakiti. Apa aku harus menanggungnya sendiri. Sudahlah, aku pasrah !”

Kejadian ini benar-benar terjadi pada temanku.

” Coba kemarin kamu nyatakan, semua tidak akan terjadi.”

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi. Tandai permalink.

35 Balasan ke Pokoknya Aku Mau Bertanya !

  1. abu ahmad berkata:

    buguru mau tanya…

    kenapa angka yang dikalikan dengan nol semuanya jadi nol…?

    Suka

  2. sunarnosahlan berkata:

    memang penyesalan selalu dibelakang, kalau di awal adalah langkah menimbang bagaimana sebaiknya, langkah kompromi masih mungkin

    Suka

  3. Kakaakin berkata:

    Nah, sekarang tinggal mensiasati, bagaimana caranya supaya yang telah menjadi bubur itu bisa enak dimakan🙂

    Suka

  4. wahyu nurudin berkata:

    karena apa aku nggak tahu aku batal mengajak orang baru kenalan. akhirnya aku kehilangan dia.

    Suka

  5. monda berkata:

    salam kenal mel, abis dari rumah akin mampir ke mari, baca2 dulu ya

    Suka

  6. zipoer7 berkata:

    Salam Takzim
    Ganti warna terus nih bunda Meli, nanti si zaki bingung deh
    Salam takzim Batavusqu

    Suka

    • melianaaryuni berkata:

      Zaki siapa tuh,Pak❓ Kayaknya belum masuk didaftar nama temen saya ya💡
      Theme kemarin emang cantik, tapi ada kekurangannya….Ntar mo ganti lagi, coba2 kan asyik… hehehe

      Suka

  7. setitikharapan berkata:

    Memang nasi yang sudah jadi bubur tak bisa dibuat nasi goreng mbak, tapi masih bisa kok dibuat bubur ayam. Jadi apapun yang terjadi dalam diri kita menurut saya memang itulah jalannya. tinggal kembali kekitanya lagi

    Suka

  8. harus berfikir cepat juga ya..:D

    Suka

  9. hanif berkata:

    Salam kenal
    Kalau memang semuanya sudah terjadi mungkin ada baiknya dinikmati karena apa yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah swt begitu juga sebaliknya.

    Suka

  10. arif berkata:

    itu penyesalan karna tak jd married yah?

    Suka

  11. sedjatee berkata:

    Sahabat Sejati…
    Telah ada 83 komentar pada Kuis Sahabat Sejati, termasuk darimu…
    Terima kasih atas partisipasinya, Sahabat Sejati
    Semata itu semua untuk menjalin persahabatan antara kita
    Semoga berkenan untuk selalu menjadi Sahabat Sejati
    Salam sukses dan terima kasih…

    sedjatee
    http://sedjatee.wordpress.com

    Suka

  12. alisnaik berkata:

    selamat pagi.

    pokoknya wajib bertanya kalo tersesat di jalan aja ya😉
    share yg bagus, bu guru.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    Suka

  13. didot berkata:

    butuh keberanian untuk berbicara yg perlu dibicarakan,terutama jika menyangkut masa depan.
    penyesalan selalu di belakang,kalau di depan bukan penyesalan dong ya namanya??

    btw theme barunya lebih enak nih mbak ,lanjut😀

    Suka

  14. abu ahmad berkata:

    masa depan seseorang adalah rahasia sang pencipta namun manusia bisa berusaha memplaningnya…melukiskan masa depan dengan membuat dream book adalah sesuatu yang sangat menarik…hidup kita jadi lebih terarah dan visi kita jadi lebih jelas…rencana masa depan bisa divisualisasikan melalui gambar gambar yang di tempel dalam sebuah album kemudian di kasih catatan kecil kapan dan bagai mana mencapainya…sebuah target kehidupan harus kita bikin sejak sekarang sebagai mana orang yang akan membangun gedung bertingkat…tentunya digambar dulu….masa depan kita lebih berhak atas itu

    Suka

  15. sapta berkata:

    penyesalan emank slalu datangnya telat.. klo nasi udh menjadi bubur, tingal diracik sampe buburnya enak dimakan.

    Suka

  16. nabila berkata:

    gimana ya cara nya mau main ayo dance di rumah tapi koq aku gk biza ya main nya padahal aku pengen banget main ayo dance

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s