Jodoh Cinta Update, Sebuah Resensi

Bukan promosi, saya hanya berbagi bacaan yang bagus untuk teman-teman. Ambillah yang baik, koreksilah semua keburukan sehingga dikemudian hari akan ada perbaikan. ^_^

Judul           : Jodoh Cinta Update

Pengarang : Ari Wulandari

Penerbit     : Lingkar Pena Publishing

Buku berwarna merah muda dengan kertas buram ini telah memikatku dengan kisah-kisah nyata, namun dikemas dengan narasi yang apik.  Sebenarnya saya kurang begitu suka dengan novel-novel yang berbau percintaan. Ya, saya pernah membaca beberapa novel percintaan Islam, semua inti ceritanya sama dan terkesan membosankan. Semarak label ‘cinta’ dalam novel memberi kesan komersil. Muncul satu yang bercerita tentang cinta, seolah-olah itulah yang diminati oleh masyarakat negeri ini. Jikalau kemasannya dibuat semenarik mungkin, bisa jadi novel-novel itu mendapat tempat yang layak di hatiku.

Novel ini sebenarnya novel nonfiksi tentang beberapa laki-laki (yang namanya disamarkan) dalam mencari pasangan hidupnya.  Kisah yang paling saya ingat betul adalah kisah seorang pemuda yang tampan, yang telah sukses dalam karis, namun di usia yang cukup matang, dia belum menemukan jodohnya. Berkali-kali dia menjalin percintaan, namun dia tidak mendapati wanita yang pantas dijadikan pasangan hidupnya. Sampai suatu hari, ketika dalam perjalanan, di perempatan lampu merah, sebuah sepeda berada di sebelahnya. Laki-laki itu melihat wajah si pengendara motor yang cantik dan langsung refleks membuka kaca mobil dan menegurnya. Wanita itu langsung marah karena wanita itu berpikir laki-laki ini mengejeknya yang hanya menggunakan sepeda.

Lelaki itu penasaran, akhirnya dia memutuskan untuk mengejar si wanita. Sayangnya lelaki itu kehilangan jejak si wanita, namun dia tetap memikirkan wanita itu. Lelaki itu berusaha untuk mencari si wanita selama setahun lamanya, namun mengingat usianya yang sudah tidak muda lagi, dia memutuskan menerima tawaran untuk menikahi Tiara.  Tiba-tiba Tiara pergi menjelang pernikahannya. Si laki-laki tidak merasa ada yang aneh karena Tiara hendak kembali lagi kepadanya. Semakin besarlah keinginannya untuk mencari wanita yang bersepeda itu.

Ternyata Allah memang betul-betul memberikan hal yang tak terduga pada si laki-laki, dia bertemu kembali dengan wanita itu. Mobilnya mengejar wanita yang bersepeda itu dan akhirnya wanita itu terjatuh. Disanalah dia berkenalan dan ternyata wanita itu adalah anak panti asuhan yang mengajar di panti dan bekerja sebagai penerjemah. Hati si laki-laki mulai goyah, dia beristikharah. Allah menunjukkan lain, keburukan Tiara ditujukan oleh Allah, keburukan yang tidak layak dilakukan oleh seorang muslimah. Keputusan akhir, dia akan menikahi gadis yang bersepeda itu […]. Sebenarnya, ceritanya masih panjang, namun saya cukupkan sampai disini saja. Silahkan di baca bukunya.

Kelebihan buku ini adalah setelah cerita ada sudut/corner yang berisi tips-tips untuk mendapatkan pasangan yang baik. Sebenarnya kisah-kisah di dalam ini adalah kisah-kisah sederhana dan biasa kita lihat di kehidupan kita sehari-hari.

Selamat membaca….

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Resensi. Tandai permalink.

21 Balasan ke Jodoh Cinta Update, Sebuah Resensi

  1. goonet berkata:

    setiap orang adalah lakon dalam sandiwara kehidupannya sendiri….ketika kita beracting yang baik maka orang orang disekitar akan menilainya….jodoh sudah ditentukan sejak kita dalam kandungan…rahasia Allah ada hikmah yang dalam…namun demikian usaha untuk mencarinya adalah kewajiban…ketika kemantapan hati sudah terarah menerima apa adanya adalah jurus paling indah, daripada menunda berujung usia, kaya miskin, hitam, putih, kuning, jawa, sumatra, atau yang lainnya sama saja…ketika cinta lahir dari hati terdalam dan cinta itu disandarkan pada Allah maka akan membawanya pada kebahagiaan SAMARA.semoga Allah segera menyatukan tulang tulang yang berserakan, membimbing kehidupan jadi lebih sempurna.goodluck

    Suka

  2. aLe berkata:

    Karya² mbak Ari memang keren.,

    Suka

  3. Sejujurnya saya pun tidak terlalu suka membaca novel-novel percintaan…. Benar kata mbak, ceritanya begitu-begitu saja dan membosankan…

    Suka

  4. didot berkata:

    bagus juga ceritanya…

    tapi kayaknya kita punya kesamaan deh (sok nyama2in sih benernya) , saya juga kurang suka buku novel,karena menurut saya untuk dapat esensinya sebuah novel perlu membaca seluruh buku itu dan memahami dulu karakter tokohnya satu persatu(terlalu lama menurut saya hehehe) ,enakan kalo cerita2 seperti itu jadi film,bisa jadi hiburan sekalian memberikan pesan moral buat yg nonton tentunya. (harap dicatat saya gak suka film horor ,film action yg gak ada pesan moralnya atau lucu2an aja gak jelas)

    kalo buku saya suka yg praktis dan membangun jiwa,jadi udah intisarinya aja gak perlu ngalor ngidul kemana2 dulu hehehe:D

    ada rekomendasi buku lain??

    Suka

    • melianaaryuni berkata:

      Hah, masak sama….Iya, saya suka buku-buku yang isinya pengalaman seseorang, kalau dalam pendidikan, saya punya pengarang yang bagus (menurut saya lho), namanya Torey Hayden….Saya suka novel nonfiksinya. Keereeeen……

      Suka

  5. Rani berkata:

    waaaawww…aku pengen beli bukunya aakhh….

    Suka

  6. BENY KADIR berkata:

    Buku yg bagus.
    Walau temanya membosankan,asal dikemas dlm cerita ringkas dan isinya mengandung pesan moral.
    Tapi,kalo terlalu ringkas bakal jadi cerpen,ya.

    Suka

  7. weww.. bukunnya kayaknya spesial bgt nih.. krn ada tips2nya segala.. kan jaang tuh novel yg ada tipsnya.. tp klo novel tentang percintaan aq kurang suka. bis biasanya ceritannya bertele-tele dan membosankan.. apa ini juga gitu??

    novel yg aq suka tu yg tentang motivasi gt.. kayak tetralogi laskar pelangi py andrea hirata.. biar baca sampe 3 kali pun gak bosen2.. ke 4 buku itu dah aq lahap. haha.. bis ada humornya, cerita inspirasi, spirit, pokoknya lengkap lah.
    tp klo yg ini jg kek na bagus.. ntar coba di cek aja dah ke toko buku.. sp tau ada minat beli..😀

    Suka

  8. sunarnosahlan berkata:

    selama ini saya menghindari membaca dan menulis fiksi (novel, cerpen, puisi) yang bertemakan cinta anak manusia. Saya lebih suka novel yang berlatar sejarah dikemas benar-benar gaya fiktif seperti karya Remy Silado atau Langit Kresna H

    Suka

  9. darahbiroe berkata:

    heheh saya tertarik banget dengan karaya2nya heheh tar ke gramed ahh nyari numpang baca ajah tp gak beli

    blogwalking berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    maksih😀

    Suka

  10. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum

    Kini, saya kurang membaca novel kerana minat saya lebih kepada bacaan ilmiah. Namun seusia remaja dulu, novel cinta menjadi pilihan selain, fiksi seram dan penyiasatan. walau tidak membaca novel Laskar pelangi, saya sudah menonton film hebat tersebut. Terima kasih Meliana atas info menarik.

    Suka

  11. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    Burulah cinta agar jodoh mendekat karena Allah tidak akan merubah nasip seseorang kalau ia tidak mau merubahnya, demikian pula dengan jodoh, Allah tidak akan memberi jodoh kalau sang hamba terus menghindar
    Salam Takzim Batavusqu

    Suka

  12. kakaakin berkata:

    Mel…. maaf beribu sory… baru sempat mampir kemari…
    Eh, udah ganti theme nih…🙂
    Buku ini high recommended ya… Insya Allah dimasukin daftar belanja deh🙂
    Skalian mau ngasih tau http://kakaakin.info/ udah tayang:mrgreen:

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s