Kali ini, Menulis Kebaikan

Di postingan beberapa bulan yang lalu (bulan berapa ya🙄 ). Nah, ketemu, ini dia postingannya, yuk kita review kembali… strategi semester kemarin. Kertas itu telah aku sisipkan dihasil tes semesteran anak-anak, yang diberikan langsung pada orang tua. Banyak tanggapan berasal dari orang tua siswa. Tanggapan positif dari wali siswa menambah semangatku. Sebagian tanggapan mereka seperti ini :
“Bun, terusin aja,Bun, ya itung-itung sebagai bahan informasi bagi kita.”
“Bunda, Mama senang karena Bunda, kita bisa tahu perbuatan buruk apa saja yang dilakukan anak.”
“Bunda, kenapa nggak dibicarakan langsung ke orang tua tentang perbuatan buruk anak ?”
Untuk pertanyaan ini, aku menjawab, ” Ada perbuatan yang masih bisa dibenahi di sekolah dan ‘tidak parah’, Bunda meminta anak menuliskannya saja dan memberi solusinya langsung di kelas dan saat itu juga, tapi kalau sudah parah….Bunda akan menghubungi mama langsung deh.”

Nah, di semester ini, atas aku dan patnerku bersepakat membalikkan strategi itu. Yang ditulis pada kertas kosong itu adalah kebaikan dan kebaikan karena perbuatan buruk yang anak-anak lakukan seikit demi sedikit mulai berkurang. Harapannya, mereka berlomba-lomba melakukan kebaikan. Ya, memang si masih ada sisa-sisa dari perbuatan buruk mereka, tapi sekarang sudah jauh berkurang.

Lihat saja, anak-anak berlomba-lomba menuliskan kebaikan mereka di kertas itu. Sesaat setelah kertas itu ditempel, ada banyak kebaikan yang ditulis di kertas itu. Subhanallah, ternyata mereka berjuang untuk melakukan kebaikan. Strategi ini tidak berjalan dengan baik jika tidak ada nasihat terlebih dahulu untuk mereka.

Aku berharap semoga ada kebaikan dalam penerapan strategi ini. Allah-lah pemberi setiap kebaikan🙂

Makasih untuk patnerku yang sudah sharing dan berusaha bersama untuk kebaikan kelas kita. Semoga setiap usaha kita mendapat ridho Allah. Aamiin….

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Pernik Sekolah. Tandai permalink.

42 Balasan ke Kali ini, Menulis Kebaikan

  1. wahyu am berkata:

    Semoga setiap usaha kita mendapat ridho Allah. Aamiin….

    Amin🙂

    Suka

  2. David berkata:

    Apa strategi barunya? Apapun itu, sukses selalu untukmu dan kelasmu Kawan

    Mobile Blogging

    Suka

  3. setitikharapan berkata:

    Wah sebuah strategi yang baik, mungkin akan lebih baik lagi jika setiap sekolah menerapkan strategi seperti ini. Bagaimana jika Go Nasional..?

    Suka

  4. nakjaDimande berkata:

    menuliskan yang baiknya membuat anak-anak terpacu ya mel. Bisa diterapkan buat anak-anak juga staf di kantor. nice sharing mel🙂

    Suka

  5. kepala dua berkata:

    anak ibarat kertas yang kosong, orangtualah yang menuliskan lembar kehidupannya hinga dia berilmu dan bisa menuliskan sejarah kehidupannya sendiri.

    guru dan lingkungan hanya membantu menjadikan proses dewasanya tepat pada waktunya….karena tua itu pasti dan dewasa adalah pilihan…

    Suka

  6. Ha, benar juga. Strategi yang cerdik nih. Siswa pasti akan terdorong untuk berbuat baik, terutama karena takut sama Orangtuanya di rumah.

    Suka

  7. katakatalina berkata:

    strateginya mantap sekali, jadi anak saling berlomba-lomba berbuat kebaikan ya.

    Suka

  8. guskar berkata:

    strategi yg jitu..
    nantinya anak2 akan terlatih untuk selalu berfikiran positif

    Suka

  9. alisnaik berkata:

    selamat pagi

    kali ini strategi untuk muridnya dibalik yaa.
    semoga mereka bisa berbuat baik dengan ikhlas😉

    terima kasih dan mohon maaf😮

    Suka

  10. BENY KADIR berkata:

    Selamat sore,Bu Guru.
    Ini strategi yg bagus. Apapun strateginya,yg penting membuahkan hasil seperti yg Ibu rasakan.
    Kepuasan dan kebahagian seorang guru terletak pada hasil yg dicapai dari usaha dan kerja kerasnya.
    Selamat dan terus berjuang,Bu!

    Suka

  11. wahyu berkata:

    ide yang brillian…

    Suka

  12. dan berkata:

    semoga jujur ya..

    Suka

  13. sunarnosahlan berkata:

    strategi kebaikan yang layak dijadikan contoh, semoga kebaikan-kebaikan itu tetap membekas dihati anak-anak selamanya

    Suka

  14. lingkungan kita berkata:

    memotivasi anak untuk berbuat kebaikan…nice posting

    Suka

  15. eet berkata:

    strateginya menarik…selain memacu anak untuk berbuat kebaikan..juga akan melatih sikap jujur

    Suka

  16. alfarolamablawa berkata:

    saya lebih setuju yang kebaikan.
    energi positif yang ditimbulkan akan sangat besar sekali.
    saya yakin sekali.
    hehehehe
    GREAT!!

    Suka

  17. ocekojiro berkata:

    Strategi yang jitu tidak akan berhasil tanpa kepiawaian sang guru yang kerap dipanggil bunda ini.
    So… sukses selalu

    Suka

  18. KutuBacaBuku berkata:

    semoga di kemudian hari mereka akhirnya bisa ikhlas yah, jadi semuanya semata2 karena Allah dan bukan selembar kertas biar gak dimarahin, hee, bagus banget buat media pembelajaran

    Suka

  19. Rian berkata:

    bisa di tiru nie.. waaa makasih yach

    Suka

  20. Kakaakin berkata:

    hehe… bagus banget strateginya🙂
    Anak-anak jadi terpacu tuk melakukan kebaikan…

    Oiya, jadi di sekolah Meli sampe sore ya?

    Suka

  21. AL berkata:

    Yup, Bunda. Berorientasi positif. Saya pun melakukannya di kelas saya. Anak-anak menulis karangan tentang apa yang mereka banggakan mengenai diri mereka minggu ini…

    Suka

  22. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum

    Alhamdulillah, satu strategi yang menarik dan berkesan untuk menarik minat murid melakukan kebaikan. sebenarnya untuk berbuat baik sangat mudah. Yang menyusahkan adalah cara kita berfikir yang terlalu rumit sehingga pelajar kita tidak mengerti dan sukar untuk melakukannya.

    Menarik minat pelajar dalam aktiviti seperti ini hanya memerlukan sedikit usaha yang murni dan tulus. Kerana jika kita merancang sesuatu yang baik, peracangan kita pasti diredhai Allah dan hasilnya sungguh menakjubkan.

    Tahniah Meliana dan saya sangat gembira sengan cara ini, saya akan cuba juga kepada guru pelatih saya agar mereka memanjangkannya kepada pelajar mereka nanti. Salam sayang selalu dari Sarawak, Malaysia.

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s