Pertama masuk :)

Hari pertama sekolah…Pengen libur lagi…

Wajah anak-anak berseri-seri memasuki hari pertama sekolah. Aku disambut dengan salam saat berjalan memasuki kelasku. Mereka sudah berbaris di depan kelas padahal bel masuk belum juga berbunyi. Anak-anak yang baik dan aku memberi seulas senyum sambil menyapa mereka. Manja, kelihatan sekali pada tingkah mereka. Ketika yang lain bersalaman denganku, seorang anak dengan raut manyun berdiri di belakang barisan. Biasa, anak-anak inginnya dia yang duluan, tinggal kitanya saja yang tahu diri jangan berlama-lama menyalami satu anak.

Hari pertama, dengan kebiasaan yang sudah biasa. Setiap awal masuk libur Idul fitri, ada pembiasaan salam-salaman antara guru-guru dan guru-siswa. Salaman yang panjang dan membutuhkan beberapa menit untuk berdiri di tengah halaman. Wajah-wajah polos yang akan berlalu di depanku dan guru- guru yang lain membuatku kangen.

Ada beberapa anak yang mengeluh, “Bunda, pengen libur lagi…” Sebagian kecil berkata, “Nggak enak,Bun liburannya terlalu panjang.” Aku hanya berucap dalam hati, “Nak, Nak, sebenarnya Bunda pengennya liburnya diperpanjang lagi. Pengen keliling dunia malah.”


Anak-anak memasuki sudut-sudut hati, yang membuat hati belajar mengolah segalanya. Dengan ulah usilnya, anak membuat kita berteriak sejenak lalu mencoba menasihatinya. Dengan ulah yang tak peduli membuat kita geram lalu berlaku seolah-olah marah. Anak-anak penuh warna kehidupan. Dari matanya yang masih bening, tanpa dendam, anak-anak menjadi penenang meski terkadang tidak bisa dipungkiri mereka menyulut amarah. Disinilah kita sebagai pendidik diuji sesabar dan setelatenkah kita menghadapi anak. Saya harus banyak belajar dari anak meskipun mereka tidak memberikan ilmu seperti yang kita sampaikan. Perilaku merekalah yang mengajarkan kita memanusiakan anak bukan sebagai miniatur orang dewasa, tapi memanusiakan anak dengan kadar yang tepat.

Ya…. Aku harus banyak belajar karena ilmu ada di tangan anak dan siapa saja yang mau menggalinya.
Keep smile my childrens. I love you all and hope be a best human in the wolrd ^_^

Iklan

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi, Pernik Sekolah. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s