Tikrang dan Culun

Dia seorang gadis kecil. Usianya masih 10 tahun. Di kampungnya dia lebih dikenal dengan nama Tikrang karena dia cantik dan berambut pirang. Sebenarnya dia bernama Nia Wirdani Amandara. Kecantikan dan rambut pirangnya sudah dikenal oleh warga sekampung itu sehingga setiap warga selalu mengelu-elukan Tikrang. Tikrang selalu menjadi buah bibir warga. Setiap orang yang melihat kecantikan dan pirangnya rambut Tikrang, mereka langsung berdecak kagum. Seringkali terdengar di telinga,

” Coba saja kalau anak gadisku juga seperti Tikrang.” Atau…

” Aku pengen Tikranglah yang jadi anakku, buka dia,” sambil menunjuk ke anak ibu tua itu. Tikrang yang mendengar hal itu pertamanya bersikap seperti biasa, tapi lama kelamaan Tikrang berubah seperti juga perubahan yang terjadi dalam perilaku sehari-harinya.

Jika berjalan, Tikrang terlihat seperti sedang membusungkan dada. Jika ada yang berbisik-bisik tentang kecantikannya, dia bergaya seperti pragawati. Cara bicara dan kelakuannya dengan orang di sekitarnya juga berubah. Dia lebih suka acuh kepada orang yang sengaja menegurnya.

Warga kampung yang melihat perubahan Tikrang menjadi sedih sekaligus kesal. Mereka berusaha untuk mengabaikan kecantikan Tikrang, tapi mereka tidak mampu. Culun, yang merupakan teman Akrab Tikrang, yang dulunya tidak pernah diacuhkan Tikrang, kini terkena imbasnya. Akibatnya, Culun sekarang menjadi jauh dengan sendirinya.

Sampai suatu saat, ketika Tikrang berjalan-jalan mengelilingi kampungnya, Tikrang terpeleset. Tak ada yang melihat. Tikrang terpeleset di kubangan lumpur berwarna hitam dan berbau. Tak ada yang mau membantu Tikrang. Orang yang melihat bersikap acuh. Tak ada yang berusaha mengangkat Tikrang dari lumpur hitam. Mereka diam, tapi tidak dengan Culun yang telah menjadi sahabatnya sejak dulu. Tikrang dibopong keluar dari lumpur itu.

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Nilai2 Islami. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s