Buat Apa Tahfidz ?

Ada sebuah cerita, untuk hari ini ceritanya tentang seorang anak selalu mengeluh. Hari ini keluhannya tentang tahfiz Qur’an. Apel pagi selalu dilaksanakan di sekolahku, di kelasku ada tahfidz Qur’an pasti ada. Setiap anak mengikuti bacaan yang dihafal. Hafalan kali ini adalah QS. Al Ma’arij : 1-40, di awal-awal anak mengikuti dengan semangat, tapi di bagian akhir karena sebagian anak tidak hafal, maka tidak banyak anak yang tidak mengikuti. Ternyata, konsekuensi yang tidak mengikuti tahfidz adalah tidak masuk kelas duluan dan terus membaca QS. A. Ma’arij sampai semua anak mengikuti bacaan Bunda.

 

Satua anak yang suka mengeluh, namanya Dwiki. Anak ini terlalu emosional untuk mengungkapkan apa yang dia sukai dan tidak disukainya, termasuk pada tahfidz kali ini. Dia berkata, ” Dwiki tuh nggak suka tahfidz, buat apa tahfidz ?” Sambil menangis di depanku dan patner kerjaku, Bunda Yeni. Kami berdua tidak menghiraukan tangisannya malah menyuruhnya menangis dulu baru masuk kelas. Kalau Dwiki sudah selesai menangisnya, baru boleh masuk ke kelas. Anak ini anak yang pandai dan tak jarang dia selalu memberikan pertanyaan yang sangat berbobot dan kritis. Pengalaman dan pengetahuan umumnya di atas rata-rata teman sekelasnya.

 

Semakin dilarang dia untuk melakukan sesuatu, maka semakin sukalah dia melakukan hal yang dilarang tersebut. Jadi, kita anjurkan saja apa yang dilarang itu, maka dia tidak akan melakukan larangan tersebut. Prinsip perilakunya adalah berbanding terbalik dengan kebanyakan anak-ana seusianya.

 

Penerapan aturan untuknya harus dilakukan dengan baik. Penjelasan yang bertele-tele, tapi tidak mengenai logikanya akan ditolak mentah-mentah, termasukpada persoalan menghafal. Pemberian pengertian padanya setiap hari memuat pemahamannya untuk melakukan sesuatu lebih baik dengan singat dan logis.

 

Membiarkan anak menangis jika dihukum bisa jadi memberi efek jera pada anak. Pemberian hukuman dari tingkat yang paling rendah (misalnya, diam sampai anak mau diam) sampai yang tinggi perlu dilakukan dengan syarat tertentu, lihat efeknya ke pendidikan dan psikologis.

 

Iklan

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Pernik Sekolah. Tandai permalink.

8 Balasan ke Buat Apa Tahfidz ?

  1. yuyun berkata:

    tahfidznya ngga dilanjutin lagi dong dwiki?gimana solusinya bu guru?

    Meliana merespon :

    Tahfiznya tetap dilanjutin, dikemudian hari diberlakukan ketegasan untuk Dwiki,misalnya nggak istirahat kalau nggak ikut tahfiz

    Suka

  2. Muhajir_Qiroi berkata:

    hm……,,,
    orang yang hafidz tu,,, dlm janji ALLAH, Dia akan mengangkat tinggi2 orng yang hafidz….
    mga kita smua menjadi pengagum setia Al Quran …
    aamiin….
    klo bukan qita ,,, sypa lg….
    luar biasanya Al Quran.

    Suka

    • melianaaryuni berkata:

      Meliana merespon:
      Iya, untuk diangkat derajatnya oleh Allah ternyata tidaklah mudah tapi tidak ada balasan yg setimpal kecuali itu. Aamiin semog akita bs diangkat derajatnya pada kedudukan yg baik di sisi Allah. Makasih telah berkunjung.Salam

      Suka

  3. Rina azzahra berkata:

    Seorang hafidz tuh..dapat menjadi safaat bg kluwarganya…aamiin

    Suka

  4. azizah TW berkata:

    that’s right ..seorang hafidz maupun hafidzah dpat memberikan safaat bagi keluarganya …makanya berusaha menjadi seorang hafidz itu tidak akan sia sia usahanya..

    Suka

  5. Yandrie berkata:

    Subhanallah,,, Mari menjemput jaminan Allah melalui Alquran

    Suka

  6. ummy fadhillah berkata:

    menjadi seorang tahfidzul qur’an tu, btuh usaha n ksungguhan,,tdak mudah jg menghfal alqur’an krna cbaan demi cbaan slalu ada..seperti yg saya alami saat,,tpi ttap kta hrus k0nsisten n tdak bleh mengeluh..alqur’an tu kalam ALLAH ,janji allah utk penghfal alqur’an tu adlh surga. . ttp smangat utk penghfal alqur’an mdah2an kalian smua n khususnya saya bsa menjdi pemgang panji allah. . jngn pernah mengeluh. . .

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s