Renungan

Tulisan sederhana dan aku harap tulisan yang aku buat ini memberikan sesuatu yang berharga bagi pembaca sekalian.

 

Adat Jawa dan Sumatra ternyata sangat berbeda. Orang Jawa terkenal dengan kehalusan bahasanya dan Sumatra terkenal dengan ucapan yang kasar. Aku tidak memikirkan hal itu benar seratus persen. Ada beberapa hal yang tidak bisa kita samakan dengan adat kebiasaan suatu dengan daerah yang lain. Ada orang Jawa yang bahasanya halus, tapi perilakunya sangat jauh berbeda dengan bahasanya. Ada juga orang Sumatra yang katanya kasar, tapi ketika diajak kompromi dan berbuat kebaikan malah lebih aktif dibandingkan yang Jawa. Bukan bermaksud membandingkan, tapi aku ingin sekali menulis tentang hal ini karena banyak kesalahpahaman di sebagian masyarakat kita tentang suku.

 

Allah menciptakan sesuatu itu berpasang-pasangan. Ada yang laki-laki dan wanita, tua-muda, hitam-putih, baik-buruk, begitu pun dengan kebiasaan di suatu daerah. Orang Sumatra tidak seluruhnya berperilaku kasar, tapi ada juga yang perilaku halus, adil kan ? Jika Allah menciptakan umat-Nya hanya yang berperilaku halus saja, maka kita tidak akan pernah berpikir untuk berbuat buruk, jadi apa gunanya profesi-profesi, seperti polisi. Dunia tidak akan rame. Ibaratnya, dunia yang kita tempati itu tidak ada seninya. Maha Besar Allah Pencipta Keindahan, Dia-lah yang menciptakan seni hidup berbangsa.

 

Tata krama yang membuat semuanya menjadi berjalan dengan teratur meskipun dia berasal dari suku arau daerah tertentu. Hidup di dunia bukan untuk dinikmati sendiri, makanya Allah mencipkan kita berpasangan. Sayang rasanya ciptaan-Nya yang sudah indah hanya diperuntukkan bagi orang tertentu, iya kan ?

Iklan

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Nilai2 Islami. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s