Berlomba itu Menyenangkan !

Belajar dari anak ! Lomba, bagi siswa-siswaku yang ikut lomba deklamasi sajak, yang baru-baru ini diikuti, yaitu tanggal 6 Agustus 2008 merupakan ajang pertama anak-anak Al Furqon berlomba membaca puisi. Antusias yang terpancar di mata anak-anak berdampak pada antusiasku pada keberhasilan mereka.

 

Aku jadi ingat ketika aku melatih mereka. Ada 5 anak yang mengikuti latihan, namun satu yang tidak ikut. Namanya Dinda Radeta, Azzahra Nanda Islami, Arina Felita, Nurfadilah Rifqoh, Nyms. Salsabila Hamidah, dan Alvin (tidak jadi ikut karena anaknya yang moody). Dari awal latihan aku selalu berkata, nanati ada yang tereliminasi karena peserta yang dibutuhkan hanya 3 orang. Sehari sebelum lomba, aku mulai memilih anak yang ikut dengan beberapa penilaian. Akhirnya setelah penilaian diberikan akau harus memutuskan Arin dan Nanda yang tidak ikut. Air mata Arin mulai menetes, Nanda juga, tak lama kemudian Dinda, Shela, dan Fadihilah menjauhiku. Aku merasa sedih juga serba salah. Akhirnya aku berkata, “Nanti Bunda tanya pada panitianya kalau pesertanya boleh ditambah.”

 

Aku ke lokasi pendaftaraan dan bertanya kepada panitia, alhamdulillah panitia tidak mempersoalkan jumlah peserta sehingga perasaan bersalahku menjadi hilang. Di kelas anak-anak itu bertanya-tanya, menunggu kedatanganku. Setelah aku katakan bahwa Arin dan Nanda boleh ikut lomba, mereka melonjak kegirangan. Aku tersenyum melihat mereka.

 

Lomba puisi membuat mereka cemas, tapi penampilan yang mereka berikan sangat optimal, hanya saja suara mereka terdengar kecil karena panitia tidak menyediakan mix atau  pengeras suara. Ekspresi dan gesturenya sudah cukup baik. Untung saja ada pengobatnya, mereka diajak ke balai teknologi di dekat tempat p[erlombaan sehingga mereka yang tadinya sedih menjadi ceria kembali.

 

Mereka tidak pernah akan berhenti, ” Bunda, kalau ada lomba lagi aku ikut ya !”

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Pernik Sekolah. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

