Kenali Vit.B12

 Sering kita jumpai produk-produk makanan dan minuman yang mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin B12. Sebenarnya apakah vitamin B12 itu? Mungkin hanya sedikit yang sudah mengetahui tentang vitamin B12 dan manfaatnya bagi tubuh. Padahal vitamin B12 juga memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita. Berikut sedikit penjelasan mengenai vitamin B12.

Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan merupakan bagian dari vitamin B complex yang mengandung kobalt, sehingga disebut sebagai sianocobalamin। Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, perbaikan sel dan jaringan yang rusak, sintesis DNA, pemeliharaan sistem syaraf, dan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak।

Sumber Vitamin B12
Vitamin B12 hanya ditemukan dari makanan-makanan yang berasal dari hewan, antara lain daging, telur, ikan, dan unggas (ayam dan itik)। Dalam jumlah kecil, vitamin B12 pun ditemukan dalam tempe,

Defisiensi Vitamin B12
Defisiensi vitamin B12 disebabkan karena ketidakmampuan usus halus untuk menyerap vitamin B12, juga karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12। Jika terjadi defisiensi atau kekurangan vitamin B12, maka dapat menyebabkan anemia, peradangan pada syaraf (neuritis), dan dementia ( kondisi mental yang memburuk).Gejala-gejala yang akan timbul jika terjadi kekurangan vitamin B12 antara lain adalah :

Diare
Paranoid
Kehilangan nafsu makan
Mudah merasa lelah
Napas menjadi pendek-pendek
Detak jantung lebih cepat daripada biasanya
Pusing-pusing
Wajah pucat

Siapa saja yang rentan terhadap defisiensi vitamin B12? Umumnya yang rentan mengalami defisiensi vitamin ini adalah para vegetarian, karena vitamin B12 hanya ditemukan dari sumber-sumber yang berasal dari hewan saja। Kemudian mereka yang memiliki kondisi malabsorpsi (usus halus mengalami kesulitan untuk menyerap sari-sari makanan), penderita HIV, orang-orang yang mengalami depresi, wanita yang telah memasuki tahap menopause, dan pecandu alkohol. Untuk menghindari kekurangan vitamin B12, sebaiknya kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 (sebaiknya setiap hari), dan juga mengkonsumsi suplemen vitamin B12, terutama untuk para vegetarian dan para penderita malabsorpsi। Sebaiknya, mulai dari sekarang kita rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B12। Mulai hari ini, untuk nanti!

Sumber: molgen.biol.rug.nl

Diambil langsung dari adryan-infokesehatan.blogspot.com 

Iklan

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Serbi Sehat. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kenali Vit.B12

  1. Ahmad sopingi berkata:

    Ok trimakasih keterangannya

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s