Waspadai, Tetes Mata !

tesmata.jpg

Selasa 26 rohto.jpgFebruari 2008 09:26
Jangan Asal Pakai Tetes Mata! (Judul asli )

Bagaimana mengenali mata merah akibat iritasi atau infeksi? Kapan boleh memakai air mata buatan? Yang jelas, pemakaian tetes mata tak boleh sembarangan.Menurut Dr. Fatma Asyari, Sp.M, dokter spesialis mata dari Bagian Mata FKUI/RSCM, gangguan mata ringan hanya mengenai mata bagian putihnya saja. Bila kelopak mata bagian dalam ikut memerah, biasanya tanda terjadi infeksi.
Apabila gangguan mata membuat penglihatan buram maka dianggap serius. “Karena fungsi utama mata, kan, untuk melihat,” ujar Fatma.Banyak orang mengobati gangguan mata dengan tetes mata yang dijual bebas di pasaran. “Tetes mata memang lebih manjur ketimbang salep atau obat oral (diminum), karena langsung bekerja pada sasaran, langsung terserap. Fungsi tetes mata sendiri memang untuk menyembuhkan penyakit mata.”Namun, pemakaian dan pemilihan tetes mata harus hati-hati. Belum tentu yang dijual di pasaran cocok karena komposisi tetes mata merek yang satu dengan lainnya berbeda-beda, tergantung fungsinya.AIR MATA BUATAN
Selain tetes mata, di pasaran juga tersedia obat ringan berupa air mata buatan (artificial tears). “Yang satu ini aman karena fungsinya membasahi mata kering atau perih, atau mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer atau berada di ruangan ber-AC,” jelas Fatma.

Seberapa sering air mata buatan boleh dipakai? “Bebas, tergantung kebutuhan. Kalau memang mata kering banget, boleh sering-sering. Air mata buatan ini bukan obat khusus, kok. Semuanya aman. Ya, seperti air mata saja,” tutur Fatma.

Jika merasa ada gangguan pada mata, Fatma menganjurkan ke dokter adalah yang paling tepat. “Mata merah akibat sampo, sabun atau kena kaporit usai berenang, tak perlu diobati karena bisa hilang dengan sendirinya. Atau, bisa dihilangkan dengan mengompres mata dengan air dingin,” terang Fatma.

HATI-HATI STEROID
Meski mengizinkan pemakaian tetes mata yang ada di pasaran untuk iritasi ringan, Fatma sangat tidak menganjurkan pemakaian tetes mata yang mengandung steroid tanpa rekomendasi dokter. “Orang awam kadang tidak tahu, kenapa matanya merah. Kalau merah karena radang memang harus pakai steroid, tapi kalau karena infeksi, steroid malah akan membuat infeksi makin parah,” ujar Fatma.

Tetes mata yang mengandung steroid memang paling bagus dan cepat membuat mata nyaman. “Tapi harus konsultasi ke dokter dulu dan pemakaiannya pun tidak boleh berlama-lama karena banyak efek sampingnya dalam jangka panjang. Katarak dan glukoma bisa muncul. Bahkan, kalau terus berlanjut, penglihatan bisa rusak,” tandas Fatma.

Iklan

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Serbi Sehat. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s