Tata yang Telah Hilang

kucingTahu nggak dengan akhir cerita dari kucing hitamku. Dua hari yang lalu aku ingin sekali cerita tentang kucingku itu. Soal perkembangannya tentu saja. Mungkin sebagian akan bosan dengan apa yang kuceritakan, tapi aku berharap apa yang aku sampaikan dalam blog ini bisa memberi hikmah tersendiri bagi yang membacanya.anak-kucing.jpg

Dua hari yang lalu, tepatnya hari Ahad malam, setelah aku memberikan makan malam untuk kucing-kucingku, aku menutup pintu. Mereka aku biarkan di teras depan rumahku. Biasanya, dia tidak kemana-mana karena keadaan kaki dan tenaganya belum begitu baik. Kebiasaanku, sebelum aku tidur, aku melihat keadaan kucing-kucingku. Aku sangat terkejut sekali ketika tidak aku temukan kucing hitamku yang cantik itu. Waktu itu pukul sekitar 22.30. Aku tahu itu malam, tapi aku tetap berusaha untuk mencarinya. Aku cari terus. Aku lihat di parit dekat rumah, tak kutemui kucing hitam itu, Tata.

Aku lihat di sekitar kebun karena aku berpikir mungkin dia tidak akan pergi jauh. Aku lihat ke belakang rumah, tapi dia tetap tidak menampakkan diri. Aku panggil namanya, ” Tata…Tata….sampai beberapa kali, tapi tak ada sahutan sedikit pun. Aku belum cerita ya. Tata memiliki suara yang sangat kecil bahkan nyaris tak terdengar. Matanya yang tidak jelas melihat menjadikan dia terlambat dalam berjalan, jalannya pun terseok-seok.

Aku seperti mendengar suaranya di sekitar rumahku. Aku mencari sumber suara itu, tapi setelah kulihat ke arah suara itu, hasilnya tetap nihil. Aku tidur dengan hati yang masih penasaran. AKu sedih memikirkan dia yang kedinginan diterpa angin malam dan kelaparan dalam udara yang dingin. Aku merasa bersalah. Aku merasa apa yang terjadi pada Tata adalah kesalahan dari apa yang aku buat.

Besoknya, aku mencari kembali. Aku susuri lorong-lorong yang dekat dengan rumahku. Aku takut sekali dia tertabrak mobil. Aku tidak siap dengan keadaan itu. Aku tak tega melihat saudaranya, Rara yang ditinggal sendiri. Aku sedih dia tidak ditemukan.

Aku ingat dulu. ketika anak-anak di dekat rumahku memainkannya. Selah mereka puas bermain, mereka membiarkan Tata berdiri di depan rumah tetanggaku dengan tubuh basah dan kotor karena pada hari itu hujan turun di kompleks kami. Aku mencarinya beberapa jam, alhamdulillah aku menemukannya. Setelah ditemukan, dia tidak mau makan. Dia sepertinya marah karena tidak menjaganya. Entahlah, mungkin hanya perasaanku saja.

Aku sempat meneteskan air mata karena kehilangannya. Dua hari aku mencarinya di kompleks rumahku. Aku bertanya dengan tetangga dan anak-anak kecil di sekitar rumahku. Mereka selalu menjawab,”Tidak tahu”, “Tidak ngeliat”. Yang jelas jawaban dari mereka itu membuat aku berpikir, “Seberapa pun besar usahaku untuk mencarinya, aku tidak akan menemukannya karena itulah keinginan Allah.”

Keinginan untuk merawatnya sampai sehat betul belum bisa aku penuhi meskipun keadaannya jauh lebih baik dibandingkan ketika dia sakit dulu. Tata sudah bisa memanjat, bermain, dan meloncat. Dia selalu membuatku tersenyum ketika tangannya menyenggol bola kertas yang kubuat atau setidaknya ketika aku memegangnya, maka tangannya akan repleks menyentuh wajahku. Tangan halus dan wajahnya yang lucu membuat aku teringat kembali. Ketika itu terjadi, aku menangis.

Aku mencoba untuk membesarkan diri,” Kamu sudah berusaha dengan sebaik-baiknya, sudah merawatnya sampai dia sudah bisa berdiri sendiri. Itu saja sudah cukup. Allah berkehendak lain. “

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Isi Hatiku. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

