Idealisme Diri Vs Idealisme Pendidikan

Terenyuh dengan sistem pendidikan di Indonesia, itulah yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Betapa pendidikan di Indonesia mementingkan ‘nilai’ dan prioritas prestise sekolah meningkat, mungkin itulah yang menjadi objek kajian kita kali ini.

Pendidikan mahal, fasilitas seadanyanya seakan menjadi hambatan tersendiri bagi sebuah lembaga pendidikan. Andai saja pendidikan di Indonesia tidak egois. Andai saja lembaga pendidikan tidak memikirkan nilai komersil lembaganya, mungkin saja pendidikan di Indonesia bisa bersaing dengan negara yang lebih maju pendidikannya.

Dalam pandanganku, pendidikan merupakan hal yang perlu dan penting bagi anak, maka mengapa pendidikan mesti mahal sedangkan kondisi yang ada adalah tidak bisa mencapai hal tersebut.

Ada pengalaman yang paling berkesan,yaitu ketika aku mengikuti rapat guru di sekolahku. Entah itu karena idealisme diri atau karena ketidaktahuan diri tentang pendidikan. Aku sama sekali tidak bisa menerima dengan sistem yang seperti itu. Misalnya, soal penilaian hasil semester siswa, aku tak segan-segan memberikan nilai yang asli, tapi aku tidak seegois itu sehingga menyebabkan anak tersiksa dalam hal penilaian. Aku merasa nilai asli itu perlu diketahui oleh Diknas, sedangkan nilai raport itu aku sandarkan pada kemampuannya sehari-hari (nilai tugas/harian), nilai pekul (ulangan bulanan), dan nilai akhlaq dan kepribadiannya.

baca kelanjutannya…

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

