Andaikan Ramadhan Terus Ada…

Aktivitas di sekolahku saat ini lagi padat. Kegiatan anak dari pagi sampai siang tetap dilaksanakan. Saat pagi hari, anak-anak melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas yang mereka lakukan seperti menulis cerita, menggambar kaligrafi, membuat mading, cerita berhikmah, fun games,, dan lain sebagainya.

Rasa ngantuk mingkin sangat rentan pada saat puasa dan di pagi hari, ya itu terjadi pada diriku, tetapi tidak bagi sebagian anak-anak. Mereka terlihat enjoy dengan semua aktivitas yang telah disusun oleh sekolah. Terkadang mereka mengeluh, ” Capek Bunda, capek, panas, Bu,” komentar itu seringkali terdengar dari bibir anak. Bibir yang terlihat pecah-pecah itu tersenyum meskipun menahann rasa lapar dan haus di siang hari.

Ketika seorang anak membuka bajunya di kelas, saat itu semua anak berada di kelas, ada anak ikhwan dan anak akhwat sehingga ada anak yang berkata,” Malu adalah sifat seorang muslim dan kalau tidak ada malu maka dia bukan seorang muslim,” ujar seorang anak akhwat. Aku ingat kata-kata itu aku ucapkan ketika kulihat seorang anak yang masih sibuk dengan aktivitas pribadinya, yaitu main dengan mainannya  sedangkan yang lainnya sudah bersiap-siap untuk belajar. Ternyata, Ramadhan memberikan efek tersendiri bagi nasihat-nasihatku.

Aku merasa nasihat-nasihat yang terlontar pada saat puasa sangat berbekas pada anak dan itu mudah diingat anak. Aktivitas yang dulunya merupakan aktivitas jelek dan tidak baik, yang sering dilakukan anak, pada puasa ini sedikit berkurang. Anak pun mau mendengarkan apa yang kita sampaikan.

Pengondisian bagi kejiwaan dan perilaku anak terasa sangat mudah dilakukan sehingga Ramadhan memberikan berkah tersendiri bagiku dan Bunda-Ustad yang lainnya. Andaikan Ramadhan terus ada….

Iklan

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Nilai2 Islami. Tandai permalink.

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s