Manfaat dari Sebuah Pelajaran

Dulu, ketika aku masih kecil, aku sering disuruh belajar oleh Emak dan Papa-ku. Mereka mungkin terlalu keras berusaha untuk menjadikan aku bisa paham dan mengerti akan suatu materi dalam pelajaran di sekolah. Bila seminggu mau ulangan, maka Papa-ku akan menyuruhku belajar, yang sering ia ajarkan adalah pelajaran matematika. Jangan tanya pusingnya aku belajar tentang materi matematika. Rumus segitiga, segi empat, balok, kubus, aku lahap sampai-sampai aku tidak boleh tidur bila tidak bisa menghapalkan rumus tersebut. Walhasil, nurutlah aku dengan segala sikapnya. Apa yang kupelajari saat itu ternyata kelihatannya tidak begitu banyak manfaatnya, untuk 5 tahun ke depan.

Sekarang, aku rasakan manfaatnya… Ketika sudah memasuki dunia kerja dan menjadi seorang guru, aku baru kurasakan  manfaatnya ketika lontaran pertanyaan anak menghujaniku. Diam bila anak bertanya bukan cara yang bijak, maka kusiasati dengan diam tapi merecall ingatanku ketika aku belajar dengan Papa-ku. Memang, ingatanku tidak sebagus ketika aku SD dulu, tapi setidaknya aku bisa menjawab pertanyaan anak.

Apa yang kurasakan ketika aku diajar dengan cara yang tidak kusukai ? Jawabannya, aku merasa pelajaran atau apapun yang diajarkan kepadaku itu tidak bermanfaat sama sekali. Aku merasa apa yang diberitahu oleh orang tuaku itu hanya omong besar saja, yang nilainya tidak ada. Kenapa pula aku berpikir tidak ada manfaat rumus-rumus yang diajarkan oleh orang tuaku? Aku merasa rumus-rumus itu tak ada manfaatnya bagi kehidupanku kelak. Itu jawaban hatiku!

Kenapa pula aku baru merasakan bahwa belajar itu penting ketika aku terjun di dunia kerja dan menemukan pertanyaan dari anak ? Jawabannya, karena aku merasa pelajaran yang telah kupelajari dulu dengan orang tuaku ada manfaatnya !

Ada perkataan anak kelas III di sekolahku bertanya, “Buat apa, Bunda kita mempelajari matematika (kg, cm), tidak ado gunanya juga,” pertanyaan itu sangat kuingat sampai sekarang….

Mungkin pertanyaan itu adalah pertanyaan yang sama yang aku dan para pembaca pernah terbesit dalam pikiran kita masing-masing, yang pertanyaan simpel. Sungguh, waktulah yang akan menjawabnya.

Kebermanfaatan ilmu dan keberkahannya akan terlihat ketika kita sudah dewasa dan memahami hakikat hidup.

Biarkan anak berpikir seperti itu, karena memang pada dasar pikiran mereka belum bisa mencerna apa manfaat dibalik semua yang mereka pelajari di sekolah.

Ketika seseorang sudah merasakan manfaat terhadap suatu peristiwa, maka perilaku yang akan timbul adalah perilaku yang diharapkan. Maksudnya, ketika anak merasakan manfaat pelajaran Sains, maka anak akan enjoy dan menyukai pelajar ini, karena ada manfaatnya.

Manfaat, itulah yang dicari anak dalam sebuah pelajaran!

Iklan

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Psikologi. Tandai permalink.

2 Balasan ke Manfaat dari Sebuah Pelajaran

  1. shawal berkata:

    Ilmu itu penting kerana tanpa ilmu kita tidak akan kemana walaupun bekerja sebagai seorang despatch pun perlukan ilmu. Mereka perlu tahu jalan-jalan yg ada, itupun ilmu………
    Bacalah………. Pesan malaikat jibrail kepada Nabi junjungan kita……

    Suka

  2. melianaaryuni berkata:

    Mas, ilmu tuh emang penting, karena dalam Al Qur’an,” Tidaklah sama antara orang yang berpengetahuan dengan orang yang tidak berpengetahuan.” Btw, Despatch itu apa, Mas ? Orang Malaysia ya ????
    Jazakallah…

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s