AL-KHANSA BINTI AMRU Al-Khansa,lbu para syuhada.

Al-Khansa terlahir pada zaman jahiliyah dan tumbuh besar di tengah suku bangsa Arab yang mulia, yaitu Bani Mudhar. Sehingga banyak sifat mulia yang terdapat dalam diri Al-Khansa. la adalah seorang yang fasih, mulia, murah hati, tenang, pemberani, tegas, tidak kenal pura-pura, suka terus terang. Dan selain keutamaan itu, ia pun pandai bersyair. la terkenal dengan syair-syairnya yang berisi kenangan kepada orang-orang yang dikasihinya yang telah tiada mendahuluin ke alam baka. Terutama kepada kedua saudara lelakinya, yaitu Mu’awiyah dan Sakhr yang telah meninggal dunia. Diriwayatkan bahwa ketika Adi bin Hatim dan saudarinya, Safanah binti Hatim datang ke Madinah dan menghadap Rasulullah SAW, maka berkata, “Ya Rasuluilah, dalam golongan kami ada orang yang paling pandai dalam bersyair dan orang yang paling pemurah hati, dan orang yang paling pandai berkuda.” Rasuluilah SAW bersabda, ‘Siapakah mereka itu. Sebutkaniah namanya.’ Adi menjawab, ‘Adapun yang paling pandai bersyair adalah Umru’ul Qais bin Hujr, dan orang yang paling pemurah hati adalah Hatim Ath-Tha’i, ayahku. Dan yang paling pandai berkuda adalah Amru bin Ma’dikariba.’ Rasuluilah SAW menukas, “Apa yang telah engkau katakan itu salah, wahai Adi. Orang yang paling pandai bersyair adalah Al-Khansa binti Amru, dan orang yang paling murah hati adalah Muhammad Rasulullah, dan orang yang paling pandai berkuda adalah Ali bin Abi Thaiib.’ Jarir ra. pernah ditanya, Siapakah yang paling pandai bersyair? Jarir ra. menjawab, ‘Kalau tidak ada Al-Khansa tentu aku.’ Al-Khansa sangat sering bersyair tentang kedua saudaranya, sehingga hal itu pernah ditegur olah Umar bin Khattab ra. Umar ra. pernah bertanya kepada Khansa, ‘Mengapa matamu bengkak-bengkak?’ Khansa menjawab, ‘Karena aku terialu banyak menangis atas pejuang-pejuang Mudhar yang terdahulu.” Umar berkata, ‘Wahai Khansa, Mereka semua ahli neraka.’ Sahut Khansa, ‘Justru itulah yang membuat aku lebih kecewa dan sedih lagi. Dahulu aku menangisi Sakhr atlas kehidupannya, sekarang aku menangisinya karena ia adalah ahli neraka.’ Al-Khansa menikah dengan Rawahah bin Abdul Aziz As Sulami. Dari pernikahan itu ia mendapatkan empat orang anak lelaki. Dan melialui pembinaan dan pendidikan tangan-tangannya, keempat anak lelakinya ini telah menjadi pahlawan-pahlawan Islam yang terkenal. Dan Khansa sendiri terkenal sebagai ibu dari para syuhada. Hal itu dikarenakan dorongannya terhadap keempat anak lelakinya yang telah gugur syahid di medan Qadisiyah. Sebelum peperangan dimulai, terjadilah perdebatan yang sengit di rumah Al-Khansa. Di antara keempat putranya telah terjadi perebutan kesempatan mengenai siapakah yang akan ikut berperang melawan tentara Persia, dan siapakah yang harus tinggal di rumah bersama ibunda mereka. Keempatnya saling tunjuk menunjuk kepada yang lainnya untuk tinggal di rumah. Masing-masing ingin turut berjuang melawan musuh fi sabilillah. Rupanya, pertengkaran mereka itu telah terdengar oleh ibunda mereka, Al-Khansa. Maka Al-Khansa telah mengumpulkan keempat anaknya, dan berkata, ‘Wahai anak-anakku, sesungguhnya kalian memeluk agama ini tanpa paksaan. Kalian telah berhijrah dengan kehendak sendiri. Demi Allah, yang tiada Tuhan selain Dia. Sesungguhnya kalian ini putra-putra dari seorang lelaki dan dari seorang perempuan yang sama. Tidak pantas bagiku untuk mengkhianati bapakmu, atau membuat malu pamanmu, atau mencoreng arang di kening keluargamu.Jika kalian telah melihat perang, singsingkaniah lengan baju dan berangkatiah, majulah paling depan niscaya kalian akan mendapatkan pahala di akherat. Negeri keabadian. Wahai anakku, sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad itu Rasul Allah. lnilah kebenaran sejati, maka untuk itu berperanglah dan demi itu pula bertempurlah sampai mati. Wahai anakku, carilah maut niscaya dianugrahi hidup.’ Pemuda-pemuda itupun keluar menuju medan perang. Mereka berjuang matl-matian melawan musuh, sehingga banyak musuh yang terbunuh di tangan mereka. Akhirnya nyawa mereka sendirilah yang tercabut dari tubuh-tubuh mereka. Ketika ibunda mereka, Al-Khansa, mendengar kematian anak-anaknya dan kesyahidan semuanya, sedikit pun ia tidak merasa sedih dan kaget. Bahkan ia telah berkata, ‘Alhamdulillah yang telah memuliakanku dengan syahidnya putra-putraku. Semoga Allah segera memanggiiku dan berkenan mempertemukan aku dengan putra-putraku dalam naungan Rahmat-Nya yang kokoh di surgaNya yang luas.’ Al-Khansa telah meninggal dunia pada masa permulaan kekhalifahan Utsman bin Affan ra., yaitu pada tahun ke-24 Hijriyah. (Wanita-wanita Sahabiyah)

Dari : www.sahabatnabi.0catch.com

Iklan

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Napak Tilas Shahabat-Shahabiyah. Tandai permalink.

40 Balasan ke AL-KHANSA BINTI AMRU Al-Khansa,lbu para syuhada.

  1. dian berkata:

    arti dari sebuah nama yang sangat bagus sesui dengan prilakunya yang baik dan tegas

    Suka

  2. tri berkata:

    saya turut terharu dan bersemangat membaca artikel ini…

    Suka

  3. arhul berkata:

    arhul menulis…

    Artinya sangat bagus, gak salah yah aku namain anak saya dengan nama khansa..

    Meliana merespon :

    Insya Allah anak yang Arhul miliki adalah amanah Allah untuk dipelihara dengan sebaik-baiknya. Semoga anak Arhul bisa menjadi muslimah yang betul-betul sesuai dengan pendahulunya…Khansa. Aamiin…

    Suka

  4. rani berkata:

    Kinda lesson

    nama yang agung., Insya Allah nanti jundullah ku yang wanita akan kunamakan Khansa ..,
    boleh copy tulisannya ya..
    jzkh

    Meliana merespon :

    Tentu saja boleh karena tulisan-tulisan disini kesemuanya untuk pembaca ….Semoga bisa memberi manfaat ya….

    Suka

  5. amrullah Syam berkata:

    Thanks Banget Mbak Meliana, atas doanya semoga dikabulkan Allah Swt. Amin

    Suka

  6. rika berkata:

    terima kasih atas artikelnya…, nama anak ke2 saya jg khansa, semoga dimudahkan untuk membimbing dan mendidik supaya sifatnya mengikuti al khansa binti amru

    Suka

  7. afri berkata:

    wah, trims. mudah2an putri saya (khansa) juga seperti khansa dlm artikel ini.

    Respon Meliana Aryuni :
    Sama-sama, senengnya tulisan di blog ini bisa berguna….

    Suka

  8. naning berkata:

    Trims ya mbak, aku jadi tahu cerita alkhansa. Dulu aku tahunya cuma seorang pejuang wanita islam gitu aja. Trus aku namain anakku khansa, Semoga nanti khansaku juga seperti khansa dalam cerita ini. Mka aku copy yah… trims banget

    Suka

  9. naya berkata:

    boleh di kopi ya… buat blog ku

    Meliana merespon :

    Boleh…boleh koq, dengan seneng hati. Salam kenal

    Suka

  10. azz4hra berkata:

    assalamu’alaikum, mbak naya saya copy artikelnya ya, soalnya nama anak saya juga KHANSA, jazakillah

    Meliana merespon :
    Wa’alaikum salam…
    Ya, boleh… Slamat ya, ternyata Khansa itu nama anaknya…. Salam kenal.

    Suka

  11. dwiyana berkata:

    assalamu’alaikum, mbak… saya minta ijin untuk mengcopy artikelnya dan dimasukkan ke buletin wanita di kantor, ya…
    jazakillah… semoga tulisan mbak makin membuka mata dan hati kita…. terima kasih…

    Suka

  12. dinopiero berkata:

    ijin repost yah di fb…
    nama anak dqu KHANSA NUR AZIZAH…
    -dino-

    Suka

  13. Nida guslaili rahmadina berkata:

    Anak saya yg k2 namax khansa. Emang dr dl kpengen kasih nama itu. Mg khansa anakku, seperti al khansa dlm bacaan ini. Mksh

    Suka

  14. achoel berkata:

    insyaAllah kelak anakku lahir pasti dengan nama Khansa

    Suka

  15. yay berkata:

    terima kasih. Ini referensi buat saya. Boleh ya saya taruh di fb, dan akan saya dedikasikan untuk putri saya, Shafya Khansa (?)

    Suka

  16. Anis berkata:

    Sbuah spirit ke ikhlasan n ketaatan mutlak dlm keimanan.hal in yg jg jd spirit kami dlm menjalankan usaha perlngkapan muslim dg nama khansa09 yg diambil dri nama bunda al-khansa n tahun berdirix qt.
    Smga usaha kami bs membwa maslahat u/ umat seperti halx bunda al-khansa mengikhlaskan putra2 u/ memperjuangkan umat.
    N, afwan ukht Numpang promo..
    Kalo ad ksmptan slahkan antum kunjungi kami di http://www.khansa09.com

    Suka

  17. Fiona berkata:

    Alhamdulillah….
    Khansa ku sekarang berumur 3 tahun dan subhanallah… dia anak yg membanggakan dan…..

    Suka

  18. Meliana Aryuni berkata:

    Semoga kelak Ananda bisa membanggakan dunia Islam ya….

    Suka

  19. nur berkata:

    khansa putriku… smoga kelak langkahmu mewarisi akhlak para sahabat tabi’in n tabiut aamin…jg khansa2 yg lain.

    Suka

  20. khansa berkata:

    wah! benarkah, sebegitu sungguh gembira didengari:D

    Suka

  21. muhammad nashir berkata:

    Insya Allah puteri pertama kami akan di beri Nama Wafa Zahratul Jannah al-Khansa. Semoga kelak menjadi manusia yang sempurna akhlaqnya, menjadi setangkai bunga indah di dalam surga dan berjiwa seperti al-khansa. Aamiin….

    Suka

  22. Mahendra berkata:

    Nama anak saya KHANSA DANISY DZAKIRAH. Sy minta doanya semoga anak sy tmbuh spt KHANSA pd zaman Rosul tsb.amiin

    Aamiin…semoga putri Bpk. mempunyai sifat dan keluhuran budi yg tidak kalah dari sahabat2 rosul s.a.w.

    Suka

  23. eno berkata:

    subhanallah…… aku ingin menjadi sosok khansa’ di zamanku nanti….

    Suka

  24. mama dian berkata:

    semoga putriku bisa seperti beliau…
    “alkhansa malika akbar”

    Suka

  25. Erma Bahagia P berkata:

    InsyaAllah ……. semoga sosok nama “Khansa Aqila” anak kami dapat mengambil sifat -sifat baik dari pendahulunya di zaman yang penuh kezaliman dan maksiat ini.

    Suka

  26. Ping balik: BELAJAR DARI PARA SAHABIYAH Mar 18, ’08 1:19 PM for everyone | ceumimin69

  27. nurrazad berkata:

    anak saya yg ke tiga bernama NURKANSABILA ZAHRA ,…lupa tidak ada hurup “H’ nya heheh

    Suka

  28. zainab kader berkata:

    SubhanAllah… Ibu yang sangat tegar dan kuat…

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s