Abu Ubaidah bin Jarah ra.

Kelahiran dan perkembangannya:
Abu Ubaidah bin Jarah ra. lahir di Mekah, di sebuah rumah keluarga suku Quraisy terhormat. Nama lengkapnya adalah Amir bin Abdullah bin Jarah yang dijuluki dengan Abu Ubaidah. Abu Ubaidah adalah seorang yang berperawakan tinggi, kurus, berwibawa, bermuka ceria, rendah diri dan sangat pemalu. Beliau termasuk orang yang berani ketika dalam kesulitan, dia disenangi oleh semua orang yang melihatnya, siapa yang mengikutinya akan merasa tenang.

Masuk Islam dari sejak dini:
Abu Ubaidah termasuk orang yang masuk Islam dari sejak dini, dia memeluk Islam satu hari setelah Abu Bakar sidik r.a. memeluk Islam. Dia masuk Islam bersama Abdurrahman bin Auf, Usman bin Mazun dan Arqom bin Abil Arqom di tangan Abu Bakar Sidik. Abu Bakar lah yang membawakan mereka menemui Rasulullah saw. untuk menyatakan syahadat di depan beliau.
Abu Ubaidah sempat mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah saw. Dia lah yang membunuh ayahnya yang berada di pasukan musyrikin dalam perang Badar, sehingga ayat Alquran turun mengenai dia seperti tertera dalam suarah Al Mujadilah ayat 22.

Artinya, “Engkau tidak menemukan kaum yang beriman kepada Allah dan hari kiamat yang mengasihi orang-orang yang menentang Allah swt. dan Rasulullah, walaupun orang tersebut ayah kandung, anak, saudara atau keluarganya sendiri. Allah telah mematri keimanan di dalam hati mereka dan Dia bekali pula dengan semangat. Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, mereka akan kekal di dalamnya. Akan menyenangi mereka, di pihak lain mereka pun senang dengan Allah. Mereka itulah perajurit Allah, ketahuilah bahwa perajurit Allah pasti akan sukses. (Al-Mujadilah, 22)

Gagah dan Jujur:
Rasulullah saw. menjulukinya dengan seorang yang “Gagah dan Jujur”. Suatu ketika datang sebuah delegasi dari kaum Kristen menemui Rasulullah saw. Mereka mengatakan, “Ya Ayah Kasim! Kirimkanlah bersama kami seorang sahabatmu yang engkau percayai untuk menyelesaikan perkara kebendaan yang sedang kami pertengkarkan, karena kaum muslimin di pandangan kami adalah orang yang disenangi.” Rasulullah saw. bersabda kepada mereka, “Datanglah ke sini nanti sore, saya akan kirimkan bersama kamu seorang yang ‘gagah dan jujur’.”

Dalam kaitan ini, Umar bin Khatab r.a. mengatakan, “Saya berangkat mau salat Zuhur agak cepat, sama sekali bukan karena ingin ditunjuk sebagai delegasi, tetapi karena memang saya senang pergi salat cepat-cepat. Setelah Rasulullah selesai mengimami salat Zuhur bersama kami, beliau melihat ke kiri dan ke kanan. Saya sengaja meninggikan kepala saya agar beliau melihat saya, namun beliau masih terus membalik-balik pandangannya kepada kami. Akhirnya beliau melihat Abu Ubaidah bin Jarah, lalu beliau memanggilnya sambil bersabada, ‘Pergilah bersama mereka, selesaikanlah kasus yang menjadi perselisihan di antara mereka dengan adil.’ Lalu Abu Ubaidah pun berangkat bersama mereka.”

Sikapnya Dalam Peristiwa Saqifah:
Sepeninggal Rasulullah saw. Umar bin Khatab r.a. mengatakan kepada Abu Ubaidah bin Jarah di hari Saqifah, “Ulurkan tanganmu! Agar saya baiat kamu, karena saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Sungguh di setiap kaum terdapat orang jang jujur. Orang yang jujur di kalangan umatku adalah Abu Ubaidah.’ Lalu Abu Ubaidah menjawab, ‘Saya tidak mungkin berani mendahului orang yang dipercayai oleh Rasulullah saw. menjadi imam kita di waktu salat, oleh sebab itu kita seyogianya membuatnya jadi imam sepeninggal Rasulullah saw.

Jihadnya:
Abu Ubaidah bin Jarah r.a. ikut partisipasi dalam semua peperangan Islam, bahkan selalu mempunyai andil besar dalam setiap peperangan tersebut. Dia berangkat membawa pasukan menuju negeri Syam, dengan izin Allah dia berhasil menaklukkan semua negeri tersebut.

Ketika wabah penyakit Taun merajalela di negari Syam, Khalifah Umar bin Khatab r.a. mengirim surat untuk memanggil kembali Abu Ubaidah. Namun Abu Ubaidah menyatakan keberatannya sesuai dengan isi surat yang dikirimkannya kepada khalifah yang berbunyi, “Hai Amirul Mukminin! Sebenarnya saya tahu, kalau kamu memerlukan saya, akan tetapi seperti kamu ketahui saya sedang berada di tengah-tengah serdadu muslimin. Saya tidak ingin menyelamatkan diri sendiri dari musibah yang menimpa mereka dan saya tidak ingin berpisah dari mereka sampai Allah sendiri menetapkan keputusannya terhadap saya dan mereka. Oleh sebab itu, sesampainya surat saya ini, tolonglah saya dibebaskan dari rencana baginda dan izinkanlah saya tinggal di sini.” Setelah Umar r.a. membaca surat itu, dia menangis, sehingga para hadirin bertanya, “Apakah Abu Ubaidah sudah meninggal?” Umar menjawabnya, “Belum, akan tetapi kematiannya sudah di ambang pintu.”

Biografinya:
Sepeninggal Abu Ubaidah r.a. Muaz bin Jabal berpidato di hadapan kaum muslimin yang berisi, “Hai sekalian kaum muslimin! Kalian sudah dikejutkan dengan berita kematian seorang pahlawan, yang demi Allah saya tidak menemukan ada orang yang lebih baik hatinya, lebih jauh pandangannya, lebih suka terhadap hari kemudian dan sangat senang memberi nasihat kepada semua orang dari dia. Oleh sebab itu kasihanilah dia, semoga kamu akan dikasihani Allah.”

Wafatnya:
Menjelang kematian Abu Ubaidah r.a. dia memesankan kepada serdadunya sbb., “Saya pesankan kepada kalian sebuah pesan, jika kalian terima, kalian akan baik, ‘Dirikanlah salat, bayar zakat, puasalah bulan Ramadan, berdermalah, tunaikan ibadah haji dan umrah, saling nasihat menasihatilah kalian, sampaikanlah nasihat kepada pimpinan kalian, jangan suka menipunya, janganlah kalian terpesona dengan keduniaan, karena betapapun seorang melakukan seribu upaya, dia pasti akan menemukan kematiannya seperti saya ini. Sungguh Allah telah menetapkan kematian untuk setiap pribadi manusia, oleh sebab itu semua mereka pasti akan mati. Orang yang paling beruntung adalah orang yang paling taat kepada Allah dan paling banyak bekalnya untuk akhirat…Assalamu alaikum warahmatullah’.”
Kemudian beliau melihat kepada Muaz bin Jabal r.a. dan mengatakan, “Ya Muaz! Imamilah salat mereka.” Setelah itu, Abu Ubaidah r.a. pun menghembuskan nafasnya yang terakhir.

, www.al-islam.com

Iklan

Tentang ummuilma

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Pos ini dipublikasikan di Napak Tilas Shahabat-Shahabiyah. Tandai permalink.

11 Balasan ke Abu Ubaidah bin Jarah ra.

  1. totok subianto berkata:

    “Dan sungguh, kami benar-benar akan menguji kamu sehingga kami mengetahui orang-0rang yang benar-benar berjihad dan bersabar diantara kamu
    ;dan akan kami uji prihal kamu”
    “wahai orang-oraang beriman! taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul,dan janganlah kamu merusak segalah amalanmu” (Qs.Muhammad:31 & 33).

    Ya allah ya Rasull sampaikan-lah,amalan-amalan Abu Ubaidah Kepda kami sehingga kami bisa mengamalkanya.

    Ini ada 30 Sunah Yg Ins’yaallah bisa kita amalkan Agar hidup Berakah?
    1.Rutin melaksanakan sholat dhuha
    2. senantiasa sholat jenaza
    3. Sholat 2 rakaat setelah terbit matahari
    4. Sholat isya dan shubuh berjamaah
    Rasllulah bersabda: barang siapa yang sholat isya secara berjamaah maka seakan2 ia telah melaksanakn sholat tengah malam, dan barang siapa yangsholat subuh berjamaah maka seakan-akan ia melaksanakan sholat sepanjang malam
    5. sholat empat rakaat sebelum ashar(empat rakaat itu dilakukan dengan dua salam setelah azhan dan dua salam sblm iqomah)
    6. sholat empat rakaat seblm dan sesudah zuhur
    7.Qiyamulail,menyebarkan salam,dan memberi makan
    8. mengandakan istifar
    9. membaca doa’ketika masuk pasar
    10. umrah bulan ramadhan
    11.Qiyamulail saat lailatul qodhar
    12. mengamalkan adab hari jumat
    13.puasa sunah
    14.memberikan buka puasa bagi org yg puasa sunah
    15. memperbanyak ucapan kaalimat lahaulawala quwatabillah.
    16. memerbanyak sholawat
    17. berdakwa
    18. menyantunin anak yatim
    19.mengunjungi org sakit
    20. memenuhi kbutuhan manusia
    21. mendamaikan manusia
    22. shadaqah jariya
    23. mengikuti ucapan muazin
    24. memperbanyak membaca dan menhafal Qur’an
    25. memperbanyk dzikirullah
    26. membaca Al-ikhlas berulang-ulang
    27. membaca tasbih,tahmid dan taqbir
    28. berjabat tangan memberi hadiah
    29. lemah lembut
    30. wajah berseri dan lemah lembut

    (wss………)

    Suka

  2. totok subianto berkata:

    Ass mel…,Afwan kayaknya hari ini ana ngak terlalu byk memberikan komentr,ngak tahu ya Badan kyaknya Lemes….Bgt?
    ya..Allah berikanlah kekuatan mu…ya allah!

    tadi kampus banyak maslh..dan juga tetanga ana sakit(kangker rahim) sehingga butuh darah,alhamdullilah..setlh balik kulh lgsng di sms sin untuk donor,& jg temen2 dri Fk juga ikut…ttp ngak disangkah juga ana dipagil Oleh anak2 jlanan
    untuk ke sangar merah putih.ternyt ada sesuatu kejadian musibah dari beberp dri temen itu kecl’kaan (yg pernh tampil nasyid Di IFC)ttp alhamdullila ngak apa-apa.(Dia di RS.Muhammadia). karena itu ana lansung kesna untk menghiburnya.itu jg tanggung jwab ana sbg wadah binaan ana yang baru diproses!
    he….jg lupa Ya minta Jwbanya Yg mengenai ttg! kalau anak salah panutan?

    Oh ia…..gimana kabar Anti sekarang?…
    wass……(ana mau istirahat dulu utk sehatin badan)
    Allah Berfirman:……
    dan diantara manusia ada orang yang megorbankan dirinya untuk mencari keridaan Allah. Dan allah maha penyantun kepada Hamba-hamba-nYa(Qs.Al-baqarah 207)

    Suka

  3. melianaaryuni berkata:

    http://www….
    Alhamdulillah Meli sangat baik….sekarang kan?
    Mengapa ada siang dan mengapa pula ada malam??? Pertanyaan ini mungkin Totok sdh tau, tapi yang jelas…meskipun aktivitas kita bergunung-gunung banyaknya….pikirkan kondisi badan.

    Meli berdoa semoga temen-temen anjal tetap dalam kebaikan Allah, tetangga Totok tetap diberi usia (jika Allah menginginkannya). dan Totok bisa berdakwah kembali.

    JANGAN BANYAK MENGELUH YA…

    Suka

  4. totok subianto berkata:

    ass,….Meli syukron Ya nasehatnya?………
    Inallilahi wainalilahi rojiun.tadi tetangga totok meninggal jm 14 siang mel karena kondisinya yang tak tertolong,dan juga anaknya masih kecil2.
    Oh ia mel,yang diberi coba’an ini tadi itu bukan dia aja loh…tapi sudaranya juga (mamaknya dari suaminya),itu terkena penyakit yang sama juga loh.karena seblmnya itu dia masih sepet bisa menunggui almarhum,…lantas dia juga masuk rmh sakit!teryata didianoksa Dokter (Penyakitnya kangker rahim juga)! inallilahi, mungkin mel Allah memberikan coba’an /musibah ini utuk supaya mereka bisah mengambil hikmahnya! betul kan.
    Mel..berbahaya Ya penyakit ini.ana baca buku ini penyakit terjagkit pd wanita dlm usia 30 keatas.penyebabnya,terjadinya buli-buli berwarna putih,& juga menyebar ke eritrosit darah,ini jug bisa mengenai ginjal loh.
    mungkin ini diakibatakn dari pola makan,dan aktivitas dari pola kerja juga.
    Nah..Meli ini juga bisa jadi Hikamah kamu Ya..mingkin meli tau kok! kerena Wanita terlalu rentan panyk jika terlalu byk Aktivitas. Meli…harus jaga kes nih!

    Suka

  5. Meliana Aryuni berkata:

    http://Www...
    Inalillahi wainailaihi roji’un…Semoga kerabat dan sahabat serta orang-orang yang ditinggalkan tabah dalam menjalaninya.

    Caknyo Totok hrs masuki tulisan bertemakan kesehatan di situs Meli. Barangkali tulisan Totok bisa bermanfaat untuk kaum hawa lainnya.

    Alhamdulillah Meli baek..n…Doain be Meli bisa terus beraktivitas dgn keadaan sehat dan klo pun sakit yang Meli berdoa bisa bersabar dan TIDAK MENGELUH karena apa pun yang akan terjadi pasti terjadi. Tak ada yang bisa menghalanginya, betuuul?

    Jazakallah…

    Suka

  6. totok subianto berkata:

    Insyaallah meli…. jika ini bisa membuat bermanfaat untuk pembaca?
    ana harus belajar juga apa-apa ug harus disampaikan dalm KES.utk kehidpn sehari-hari! Sukron Ya..Mel. totok Baik Juga… Kan!!

    Suka

  7. melianaaryuni berkata:

    Ditunggu tulisannya ya….
    Jazakallah…

    Suka

  8. totok subianto berkata:

    KU RINDU ENGKAU…..YA SAUDARAKU

    saudaraku.. dikala hatimu gunda akumerasa
    dikala ekau tak pernah menampakan kesedihanmu tetapi hatiku tau ekau tak ingin saudramu merasakan beban didalam kehidupanmu.
    semoga ekau tetap dalam keteguhan hatimu dalam lindungan Allah swt.
    dan dihari kelak ekau akan mendapatkan yang terbaiK apa yg ekau dambakan

    Suka

  9. totok subianto berkata:

    يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، أَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ.
    “Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, wahai Tuhan Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata (tan-pa mendapat pertolongan dariMu).” HR. Al-Hakim, menurut pendapatnya, hadits tersebut adalah shahih, dan Imam Adz-Dzahabi me-nyetujuinya, lihat kitabnya 1/545, dan Shahih At-Targhib wat Tarhib 1/273.

    Suka

  10. totok subianto berkata:

    SERBA-SERBI KESEHATAN

    HALO…SOBAT MUDAH TAU BELUM BAHAYA
    Penggunaan Fluoride Pada Pasta Gigi

    Menggosok gigi merupakan kebiasaan mutlak diperlukan bagi kesehatan. Sejak dulu produk odol atau pasta gigi erat sekali dengan kandungan fluoride yang tak bisa dipungkiri merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh bagi pertumbuhan dan kesehatan gigi.

    Di Indonesia, pasta gigi mengandung fluoride mulai muncul sekitar tahun 70-an. Fluoride yang banyak digunakan jenis Sodium Monofluoro Fosfat atau Sodium Fluoride, dengan kadar yang 250 hingga 800 ppm. Secara detail, fluor merupakan salah satu bahan pasta gigi berfungsi memberikan efek deterjen sebagai satu dari tiga bahan utamanya disamping bahan abrasi sebagai pembersih mekanik permukaan gigi dan pemberi rasa segar pada mulut, sementara bahan lainnya sodium bikarbonat dan baking soda sebagai alkalin untuk mengurangi keasaman plak dan mencegah pembusukan, sedangkan pemutih, pemberi rasa dan sebagainya merupakan bahan tambahan pada racikan pasta tersebut.

    Dengan efek tersebut, fluoride berfungsi melapisi struktur gigi dan ketahanannya terhadap proses pembusukan serta pemicu proses mineralisasi. Unsur kimia dalam zat ini mengeraskan email gigi pada persenyawaannya. Begitupun, sejak dulu efek kerugiannya juga sudah dipublikasikan secara luas yakni bahayanya bila tertelan dan karena itu juga kita tidak diajarkan menelan pasta gigi.

    Kadar penggunaannya memiliki ambang batas yang bisa membahayakan dari efek paparan bila digunakan berlebihan dan tidak sesuai anjuran. Dari literatur yang ada, fluoride dalam kadar berlebihan berakibat sebaliknya dan harus diawasi terutama pemberian terhadap anak-anak yang cenderung menelan odol pada waktu menyikat gigi karena rasa segar yang didapat apalagi bila ditambah perasa tertentu. Bukan hanya dari pasta gigi, kandungan fluoride juga bisa didapat dari konsumsi makanan tertentu dan tersedia dalam bentuk suplemen yang justru sasaran pemberiannya anak-anak.

    Sebuah
    penelaahan awal dari penelitian kanker yg dilakukan oleh Program Toksikologi
    Nasional (Washington-USA) juga melaporkan bahwa tikus-tikus yang diberi sejumlah
    fluoride memiliki tumor tiroid, tumor rongga mulut dan tumor hati yang
    sebenarnya jarang terjadi; akan tetapi berita mengenai tumor-tumor ini akhirnya
    tenggelam dalam suasana kontroversial yang justru muncul. Menurut Dr.William
    Marcus -Ketua para ahli toksikologi-tenggelamnya berita tentang tumor-tumor
    tersebut secara politik memang disengaja dan tidak ada penjelasan yang dapat
    mempertahankannya secara i lmiah. Sebuah penelitian terbaru mengenai wabah
    penyakit oleh seorang ilmuwan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Amerika Serikat
    menemukan bahwa kemandulan pada perempuan berhubungan dengan meningkatnya level
    kandungan fluoride dalam air minum (3 ppm).

    Bahaya Fluoride

    Setelah bertahun-tahun setidaknya 12 pemenang penghargaan nobel
    di bidang obat-obatan dan kimia telah memperingatkan berbagai resiko kesehatan yang berhubungan dengannya.
    Mengkonsumsi fluoride khususnya pada anak-anak bukan hanya tidak berguna, tapi jelas-jelas berbahaya.

    Dari sejumlah berita yang beredar beberapa waktu lalu fluoride disinyalir sebagai salah satu bahan yang digunakan pada pembuatan bom atom. Efek racun kimiawi yang dipaparkan lewat penemuan ini mendorong para peneliti semakin kritis melakukan riset tentang bahaya flouride pada pasta gigi, kemudian banyak berita mempublikasikan efek samping dan bahaya fluoride dalam memicu osteoporosis dan kerusakan sistem saraf terutama pada penggunaan yang salah.

    Sekitar awal tahun 2000‚ pemerintah Belgia menjadi pihak pertama melarang peredaran tablet dan permen mengandung fluoride yang selama ini dianjurkan pemberiannya pada anak-anak untuk menguatkan gigi mereka. Riset lain dari Swedia menyorot kecenderungan anak untuk menelan pasta gigi secara tak sengaja melalui air ludah bekas sikat gigi yang kerap memicu kasus overdosis fluoride dan menimbulkan gangguan seperti banyaknya pengeluaran ludah, tumpulnya indera perasa di sekitar mulut sampai ke gangguan pernafasan bahkan kanker.

    Keadaan terhambatnya penyerapan kalsium sebagai salah satu manifestasi efek sampingnya juga dikenal dengan istilah fluorosis yang bisa berakibat lanjut pada penurunan IQ, gangguan sistem saraf dan kekebalan tubuh serta kerapuhan tulang dan terhambatnya pertumbuhan.

    Di beberapa negara, anjuran penggunaannya sudah dibatasi untuk usia diatas 5 tahun. Di Indonesia telah dihimbau penggunaannya dalam tiap tube pasta gigi tidak lebih dari 500 ppm dari sebelumnya sekitar 1000-1500 ppm dan mengikuti antisipasinya untuk mengurangi penambah rasa sebagai pencegah anak-anak agar tak menelan pasta gigi tersebut.

    Di luar kemungkinan pemberitaan efek fluoride ini sebagai fakta, mungkin tak perlu buru-buru menjadi terlalu resah dan was-was menggunakan produk pasta gigi yang mengan-dung fluoride sejauh kadarnya masih di bawah ambang batas yang dianjurkan. Kesadaran konsumen untuk memilih produk masih tetap bisa dilaksanakan, paling tidak untuk memilih pasta gigi dengan kadar fluoride rendah, dan mungkin, dengan adanya pro dan kontra ini salah satu antisipasi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengawasi penggunaannya.

    Suka

  11. melianaaryuni berkata:

    Jazakallah buat info kesehatannya…

    Suka

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s