Membuat Puisi, Mudah…

Bagi orang yang suka puisi, membuat puisi adalah sesuatu yang sangat mudah, tapi lain halnya dengan anak-anak. Apalagi anak kelas 2, mereka banyak menyamakan puisi dengan cerita. Shidqi berbisik kepadaku,” Bun, nanti aku mau buat cerita. Buatnya di rumah saja ya.” Dia melihat ke mataku. Binar mata anak-anak yang penuh dengan kemurnian sikap dan perilaku.

Aku berpikir bagaimana membuat agar anak-anak mudah dan mengerti membuat puisi.  Akhirnya aku bertanya, ” Bisakah kita membuat puisi dengan hanya melihat gambar ?” Anak-anak menjawab,” Bisa !”

“Oke, coba lihat ini gambar apa ya (aku memperlihatkan kotak pensil yang bergambar kartun Ben 10)?”

“Ben 10, Bunda,”

“Ya, sekarang Bunda akan membuat puisi tentang Ben 10,” aku mulai menuliskan beberapa baris puisi dalam satu bait.

Terciptalah

Ben 10

Kau kartun kesayanganku

Kau berambut hitam

Berwajah lucu

Banyak anak menyukaimu

Melihat gambar-gambar Putri terciptalah puisi

Putri

Alangkah cantik kau Puutri

Rambutmu pun indah

Mahkotamu mengkilap dan berwarna emas

Sepatumu indah menawan

dan kau pun baik hati

Aku suka padamu

Aku pun suka istanamu

Aku suka sekali Putri

Setelah aku mencontohkan puisi-puisi itu, aku bertanya, “Mudah nggak membuat puisi ?” Terdengarlah suara, “Mudah,Bunda.”

Aku pun berkomentar lagi,” Semua bisa buat puisi. Melihat sampul buku, kita bisa buat puisi. Melihat orang bermain bola itu (sambil menunjuk anak-anak yang sedang berolah raga di lapangan), puisi bisa kita buat. Kalian tuliskan saja apa yang dilihat, dirasakan, bisa juga didengar pada sesuatu yang ditemui, maka akan jadi puisi. Anak-anak Bunda pasti bisa buat puisi.”

Alhamdulillah, dari pelajaran membuat puisi, terciptalah puisi-puisi yang bagus dari anak-anak kelas II. Puisi yang menyentuh dan aku merasakan apa yang dirasakan anak adalah puisi ‘Adikku’. Rasanya hendak meneteskan air mata. Aku bertanya kepada Faiza,” Faiza teringat adik ya?” Dia mengangguk.

About these ads

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Tulisan ini dipublikasikan di Pernik Sekolah. Tandai permalink.

24 Balasan ke Membuat Puisi, Mudah…

  1. kiminuklir berkata:

    jika dianggap mudah, insya Alloh akan terasa mudah…
    jadi pengen buat puisi juga nh Mbak.. ^^

  2. milimeterst berkata:

    wah wah.. kirain menjadi bloger aja yg mudah… buat puisi juga mudah ya ….
    klo puisi harus dari libuk hari yang paling dalam nagga siih sebenrnya ??? (nanya looh..)

    • melianaaryuni berkata:

      Puisi itu ungkapan perasaan seseorang tentang sesuatu…ya klo dia merasakan perasaan yg mendalam dari suatu kejadian….Itu bisa tercipta puisi yang mengharu biru….Namun ada juga yang tidak dalam (nah lho….)
      Akan ada perbedaan antara puisi yang dibuat saat sang penulis merasakan suatu perasaan yang sangat kuat dengan puisi dibuat dalam kondisi perasaan yang ‘biasa’ aja….

  3. alisnaik berkata:

    selamat pagi

    hmmm.
    memang, semakin banyak melihat dan mendengar, bisa menambah inspirasi untuk membuat puisi ataupun cerita.

    terima kasih dan mohon maaf

  4. Pakde Cholik berkata:

    Bener nich membuat puisi itu mudah?
    Saya tunggu ya, BlogCamp akan menggelar kontes “Puisi Aku Cinta Indonesia” dalam rangka memperingati HUT RI.

    Tunggu tanggal mainnya
    salam hangat dari Surabaya

  5. Kakaakin berkata:

    Mudah sih, Mel…
    Tapi gak tau bagus apa enggak :D

  6. Mamah Aline berkata:

    mudah-mudahan dengan cara itu, anak-anak jadi terasah bakatnya membuat puisi indah, pasti mudah jika dimulai dengan motivasi

  7. monda berkata:

    trims deh,
    pakai cara ini aja ya, kalau adek dapat peer buat puisi,
    terus terang aku kebingungan, nggak pernah buat soalnya,

    btw nama2 kelasnya sama dgn di sekolah adek,

  8. BlogCamp berkata:

    Selamat sore sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Jangan ketinggalan, ikuti acara “Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia” hanya di BlogCamp.

    http://abdulcholik.com/2010/08/01/gelar-puisi-aku-cinta-indonesia/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya

  9. arjhuna camps berkata:

    hidup ni bgitu indah
    ktika kta menemukan cinta kita….
    cinta yg slalu hdir d saat kta membutuh kan nya…
    cinta dlam hidup ni pokok nya
    berarti bngets… dach………….

    tpi teman sjati la yg sangat ber arti………
    orang yang menemani anda di saat anda susah…
    tu dalah teman sjati….
    tpi teman yng slalu ada d saat anda mempunyai sgala nya…
    tu bkan tman sjati karna dia hanya memanfaat kan anda…………

  10. puput kebngngn berkata:

    bwat puisi twu mdh ckali….
    pha ge, lo’ hti tha ge cdh,,,
    c0z, dri cna tha dpt baxk inspirasi

  11. HUZAIR AL GAFFUR berkata:

    indah nya dunia kulihat pada siang hari,…..
    berkilau nya bintang pada malam hari,…
    seprti hati ku yang dingin menyentuh calbu
    one peace ALAM

  12. Fikri berkata:

    penjelasan yang mudah dimengerti :) nice share

  13. dinulqowim@yahoo.co.id berkata:

    siiip

  14. sandra lestari berkata:

    weh..puisi cnta q0q gdungan..puisi buat pcar gk sengkek..buatin aj buat kakak..

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s