PANTUN-PANTUN BUATAN ANAK

PANTUN NASIHAT

Jalan-jalan naik bis kota

Melewati Sungai Musi

Ibu adalah orang tua kita

Yang harus kita sayangi

Bunga mawar bunga melati

Harum mewangi indah di taman

Orang sabar dan baik hati

Pasti disukai teman

Jalan-jalan ke negeri Mekkah

Singgah dulu ke Singapura

Kalau Anda taat dan ramah

Insya Allah masuk surga

Jalan-jalan ke Malaysia

Liburan dulu ke rumah Danu

Jika kamu berfoya-foya

Neraka sudah siap untukmu

Hari Sabtu pergi ke mall

Jangan lupa bawa dompet

Jika kamu bawel dan nakal

Ketika dewasa tak punya teman

Jalan-jalan ke kebun paman

Disana ada Amanda dan Ajeng

Jika kamu baik dengan teman

Jangan pernah bersikap sombong

Hewan rusa hewan kijang

Duduk bersama di atas peti

Memilih teman jangan bimbang

Agar menjadi sahabat sejati

Buah pepaya buah semangka

Banyak orang yang mencicipi

Jika hatimu terluka

Obati dengan sikap terpuji

Jalan-jalan ke kebun bunga

Bunga itu indah sekali

Kalau Anda berhati mulia

Perbuatan baik jangan disesali

Jalan-jalan ke kota Paris

Melihat-lihat menara Eifel

Jika Anda cantik dan manis

Jangan suka nakal dan bandel

Jalan-jalan ke Semarang

Singgah dulu ke Medan

Jika Tuan berhati sombong

Lekas dewasa dijauhi teman

Makan-makan di tepi sungai

Melihat orang sedang bersandar

Kalau Anda baik perangai

Tolonglah orang yang tak sadar

PANTUN MUDA-MUDI (Pantun Jalan-jalan, coba baca ya…ntar tahu apa maksudnya)

Jala-jalan ke Yogyakarta

Jangan lupa bawa oleh-oleh

Jika Tuan sayang pada saya

Jangan pernah marah-marah

Jalan-jalan ke kota Mekkah

Singgah dulu ke Singapura

Kalau Anda ingin menikah

Lihat dulu pasangan Anda

Jalan-jalan ke studio musik

Melihat orang sedang bernyanyi

Kalau Anda berparas cantik

Jangan lupa cantikkan juga hati

Jalan-jalan ke Mekkah

Singgah dulu ke Yogyakarta

Jika Tuan menaruh kasih

Nyatakan cinta pada saya

PANTUN TEKA-TEKI

Jalan-jalan ke Itali

Lihat-lihat menara Pisa

Jika tuan bijak bestari

Hewan apa berkaki dua ?

Pantun-pantun ini dibuat oleh beberapa anak putri ( kelas Salman dan Muadz) saat belajar bahasa Indonesia. Ada beberapa yang kurang nyambung, tapi saya menyukainya karena mereka sudah berusaha untuk bisa membuat pantun.

About these ads

Tentang melianaaryuni

Muslimah sederhana yang mencoba menciptakan makna hidup dari lika-liku kehidupan melalui tulisan...
Tulisan ini dipublikasikan di Karya Anak. Tandai permalink.

107 Balasan ke PANTUN-PANTUN BUATAN ANAK

  1. putri diana liyawati berkata:

    wah……………………………………….bagus banget’s ya……………………

    Meliana merespon :
    Thanks pujiannya, semoga bisa membangun….

  2. auliya wiskha widodo berkata:

    pantun_na bagus iia …………………………………………………………..

    kok bisa sich bikin pantun ??

    Meliana merespon :
    Mudah koq, insya Allah kalo mau belajar, siapa pun bisa. Ayo, semangat belajar !

    cara_na bqn pantun gmn sich ??

    kok kaya_na aqu gGa pernah bisa iia .. ,, ,,

  3. ronald berkata:

    ajarin bikin pantun donk…!!

    klo bisa ajarin bkn pantun romantis yah…:D

    • melianaaryuni berkata:

      Meliana merespon :

      Boleh, tapi pada dasarnya membuat pntun itu mudah :
      ingat ada ciri2 pantun :
      1. Terdiri dari 4 bari dengan sajak silang ab-ab
      2. Baris 1-2 itu sampiran, 3-4 itu isi
      3. Suku katanya terletak di antara 8-12 suku kata
      Kadang yang jadi sulit itu klo kita mengkotak-kotak,ah aku hanya mau menulis pantun remaja/muda-mudi aja deh atau nasihat aja.Buat seluruh pantun apa pun.
      Bisa juga minta seseorang untuk membantumu membuat sampiran/isinya saja, selebihnya kamu yang meneruskannya. Selamat mencoba !

    • Dara tasya adilla berkata:

      ya betul tuh kalau bisa bikin pantun yang romantis ya??? :-)

      Aku kan masih SD,Kakak ^^….

    • Dara tasya adilla berkata:

      Ohya kmu bisa gak buat pantun yang romantis untuk saya??? :-) <(")

      Kak, pantun romantis ya….Hmmm, kurang begitu mengerti,Kak. Maaf ya….

  4. hossy sandora berkata:

    hhhhhh…………. lucu banget!

  5. Lia berkata:

    ihh, keren deh. bisa bikin pantun sebagus itu dan sebanyak itu thanks ya atas inspirasinya =)

  6. vira kristianingrum berkata:

    keren keren pantun nya

  7. syifa berkata:

    waw…. bgus….. bgd…….

  8. eka viola berkata:

    bagus bangets pantunnya keren gila

  9. faisal berkata:

    ada buku berwarna biru
    ku beli di gramedia
    kalau anak juara satu
    pasti di sayang orang tua

  10. eggy berkata:

    b@gu$,t@p! t!d@k d!b!k!n b@r!s

  11. chandra dewi larassati berkata:

    kurang bags dan krg inspiras

  12. al,as berkata:

    bagues bagus
    muantab…

  13. Dara tasya adilla berkata:

    Pantunnya bagus-bagus ya..
    kecil-kecil sudah pandai mengarang pantun..
    I LIKE PANTUN YOU…

    Makasih….

  14. reno berkata:

    kok yg pantun muda-mudi g jelas sih yg bawah nya…

  15. andredika berkata:

    beeeeeeeehhhh kd nymbugg bngt pantun ya

  16. yoga berkata:

    I LAKE YOUR PANTUNNNN

    GOD JOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOB

  17. tammy berkata:

    waw.. best ..
    thx.. :) :D

  18. fitri karnila berkata:

    ih bgus bgt loe pntun2 nya
    aku pengen jdi kyak dia

  19. amalul berkata:

    kasi pantun dewasa duonk

  20. BaYu berkata:

    waww Bagus2 yaa

    Makasih,Bayu….

  21. thania berkata:

    b@gus amat cih niiiiiiiiii pantun aku juga punya pantun kok

    Itu sudah diposting ya Thania :)

  22. thania berkata:

    jalan jalan ke slandia baru
    sampai sana minum susu
    pantun ni karya ku
    untukmenjadi temanmu

    Bagus pantunnya,Thania :)

  23. brian cah santai berkata:

    halooo dek…kamu pinter banget sih, add fb q ya brian cah santai
    kamu pasti nggemesin dehhh
    jangan lupa ya…….!

  24. yodie pd berkata:

    brian itu teman saya lho….
    btw, u kok pinter ya bikin pantun….?

  25. okta panjaitan berkata:

    bagus buanget pantun ya

  26. xsan berkata:

    apix tenan pantune

  27. Nurfukoha berkata:

    pantunya kaya tai gk ade yg nyambung !!!
    Kok brutttttttttt gambar BOYO ……….

  28. BAGUS KALI PANTUNNYA !
    ~GOOD JOB!I LIKE IT !~

  29. dhiya berkata:

    aku juga bisa:

    ayo kita jalan-jalan
    jalan-jalannya ke irak
    jangan berdiri di tengah jalan
    nanti kamu bisa tertabrak
    hehe…

  30. dea berkata:

    koq gk ada jarakx???

  31. salsa berkata:

    kak, ajarin aku pantun dong, soalnya pusing kaya gimana awalannya ?

    Sampiran itu mudah…
    Coba tulis apa aja dan inginnya buat pantun apa dulu….

  32. salsa berkata:

    kak kalo ini bener gak pantun nya:
    lupa Tuhan itu dosa
    lupa ortu itu durhaka
    lupa teman soal biasa
    lupa pacar mana bisa

    Itu bukan pantun, tp syair

    :)

    Tapi bagus kok….

  33. amya berkata:

    waw………. bagus bagus ya!!!


    Terima kasih

    :)

  34. amya bunga fathiyah berkata:

    ini pantun gak?

    anak ayam turun sepuluh

    mati satu tinggal sembilan

    tuntut ilmu bersungguh sungguh

    jangan sampai ketinggalan


    Yup, itu juga pantun…tp sering dinyanyikan

    :)
    Good

  35. amya bunga fathiyah berkata:

    Tap Tap Tanjung Atap
    Sebelah Ulu Tanjung batu

    Duduk mantap mantap
    Hidangan telah menunggu

    Sedikit perbaikannya…

    Tap Tap singgah di Tanjung Atap
    Sebelah Ulu Tanjung batu

    Duduklah mantap mantap
    Hidangan telah menunggu

  36. anya bunga fakhriyah berkata:

    lompat si katak lompat

    lompat di rumput muda

    belajar lah kuat kuat

    untuk hari tua
    :) -_-

    Ini perbaikannya, ada yang kurang sedikit sih…

    Lompat- lompat si katak lompat

    Melompat di rumput muda

    Belajarlah dengan giat

    Untuk bekal di hari tua

  37. Beby Iqlima berkata:

    haha bagus 2 pantun nya, hehehe, hahaha… ;) :D

  38. amya bunga fathiyah berkata:

    Kuda poni tarik pedati

    bawa batu bata dan pasir

    buang sampah jangan di kali

    agar kita terhindar banjir

  39. anya bunga fakhriyah berkata:

    ini pantun gak?

    Cintailah negeri kita

    cintailah orang tua

    cintailah pacar kita

    karena pacar adalah kasih sayang kita

  40. fahmi rauf berkata:

    porno loh semua
    BF

  41. nur jannah berkata:

    WAH KOMENTAR KALIAN BAGUS2

  42. thelo berkata:

    loe bwat pntun eang bgus dkit npa
    .
    .
    .
    .eag aga romantis dkit gtu

  43. A.irma erviyana berkata:

    PANTUN NYA BAGUSS BANGET DEH

  44. REVALDIE STYAWAN CLALU CAYANG ERVI berkata:

    pantun nya perlu di baikin sedikit yahh
    ORANG PADANG PERGI MENGAJI
    KE BEKASI LANGSUNG KE JAKARTA
    MENINGGALKAN SEMBAYANG JADI BERANI
    SEPERTI TAK TAKUT API NERAKA
    itu pantun dari aq di simpen yahhh >>

  45. A.irma erviyana berkata:

    PANTUN NYA BAGUSS BANGET DEH
    aku tambahin dikit yah buat mantan aq
    KE TAIWAN BELI SEKOTENG
    DI SLAWI ADA PAMERAN
    AA REVALDI MEMANG GANTENG
    BAGAIKAN PANGERAN

  46. Fira Faiza berkata:

    Wah, Kak Trim’s ya Atas Pantun nya Saya Senang Pantun ini :D

  47. widya berkata:

    #… .WAHHH BAGUS* padaa kreatiff semua

  48. Hendra Andrean berkata:

    baguzzzzz

    buaaangetttt………………

  49. nursamsudin pelon berkata:

    pantunne apik eo

  50. wija van putut persie berkata:

    om tambah pantun nya lagi napa….

  51. Melati Berliana berkata:

    bgus pntun kmu,,,,:):D

  52. alfa malonda berkata:

    siapa bilang saya pemburu
    sedangkan saya penjual kain
    siapa bilang saya cemburu
    sedankan saya puya yang lain

  53. tri berkata:

    wah kenap q gak da disitu????????????????????????????????????????

  54. indo berkata:

    eh lo spa?

  55. nesa diska berkata:

    memang km spa????????????????????????????????????????????????????

  56. diska berkata:

    q seneng banget sampek q terbahak bahak hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahhahahahaahaaahhaahhahah

  57. bu zoyo berkata:

    waau…. ternyata anak jaman sekarang banyak yg pinter buat pantun ya…….

  58. rahmah berkata:

    ini pantun ya !
    kemana mana kancil akan di kejar
    kedalam pasar cobalah cari
    ketika kecil rajin belajar
    seseudah besar senang lah hati

  59. rahmah berkata:

    ini pantun ya !
    dibawah itik pulang petang
    dapat rumput bilang bilang
    melihat ibu sudah datang
    hati cemas jadi hilang

  60. sheilaaaaaaaaaaaaaaa berkata:

    heeeeeeeeeeeeeeee bbaggggggggus ddddeeeehhhh terima kasih informasinya

  61. Risma berkata:

    terus gue harus bilang waoooooooooooooooooooooooo gitu??????????????????????????

  62. gama by DC berkata:

    bagus-bagus,,,,pantun tadi bisa untuk menasehati adik q………….. terimakasih………….!!!!!!!!!!!!:):D

  63. Fauzi berkata:

    Bang aku minta pantun

  64. muhamad ilham berkata:

    terimakasih pantunnya

  65. Supardi Berisigep berkata:

    bagus2….
    pertahankan…

Terima kasih atas masukannya, semoga tulisan disini bermanfaat ya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s